Pengembangan bahan ajar modul mata kuliah analisis dan desain sistem informasi berbasis model pengembangan instruksional (MPI) di program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Muhammad Aditya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar modul mata kuliah analisis dan desain sistem informasi berbasis model pengembangan instruksional (MPI) di program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Muhammad Aditya

Aditya, Muhammad (2020) Pengembangan bahan ajar modul mata kuliah analisis dan desain sistem informasi berbasis model pengembangan instruksional (MPI) di program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Muhammad Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan pengajar mata kuliah tersebut pembelajaran yang dilakukan adalah dengan mempresentasikan materi menggunakan power point dan pemberian tugas. Menurut pengajar mata kuliah tersebut pembelajaran seperti itu dirasa belum cukup karena mahasiswa membutuhkan waktu lebih dalam memahami materi. Pengembangan bahan ajar dalam mata kuliah ADSI di prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang pernah dilakukan sebelumnya oleh Setiono (2017). Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar berbentuk media mobile yang menyajikan uraian materi dan evaluasi yang interaktif sehingga informasi materi lebih mudah diingat dan dipahami. Namun materi yang ada dalam bahan ajar tersebut masih menggunakan materi yang lama berdasarkan kurikulum Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang tahun 2014. Maka dari itu bahan ajar tersebut tidak digunakan lagi di dalam kelas. Atas dasar ini tujuan yang ingin dicapai adalah mengembangkan bahan ajar modul cetak pada mata kuliah ADSI di prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Pengembangan bahan ajar modul cetak dianggap sesuai karena sudah cocok dengan karakteristik mahasiswa yang akan mengikuti mata kuliah ADSI di prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Yaitu mahasiswa sudah terbiasa belajar mandiri menggunakan modul. selain itu sebagian besar mereka lebih sering menggunakan media buku tercetak dalam pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan yang diterapkan adalah model MPI. Model ini dipilih karena langkah-langkah pengembangannya lengkap namun fokus untuk mengembangkan bahan ajar hingga siap untuk digunakan. Selain itu Selain itu model ini dipilih karena menyediakan rancangan urutan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata kuliah ADSI. Model ini memiliki tahapan sebagai berikut (1) definisi (2) pengembangan prototipe (3) evaluasi formatif. Pada tahap definisi dilakukan identifikasi karakteristik awal peserta didik. Pada tahap pengembangan prototipe dilakukan penulisan tujuan pembelajaran khusus menyusun alat penilaian hasil belajar menyusun strategi pembelajaran dan mengembangkan bahan ajar modul. Tahap selanjutnya adalah melaksanakan evaluasi formatif untuk mengetahui tingkat validitas bahan ajar modul yang dikembangkan dan apa yang perlu direvisi sebelum digunakan pada kegiatan pembelajaran sesungguhnya. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan produk bahan ajar modul yang dikembangkan mendapatkan presentase validitas 88 15% sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat validitas produk bahan ajar modul yang dikembangkan sangat valid atau sudah dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143716

Actions (login required)

View Item View Item