game edukasi degraf sebagai suplemen mata pelajaran dasar desain grafis untuk menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa multimedia smkn kota malang / naurah septi anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

game edukasi degraf sebagai suplemen mata pelajaran dasar desain grafis untuk menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa multimedia smkn kota malang / naurah septi anggraini

Anggraini, Naurah Septi Anggraini (2021) game edukasi degraf sebagai suplemen mata pelajaran dasar desain grafis untuk menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa multimedia smkn kota malang / naurah septi anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan tingkat menengah atas yang mengutamakan keterampilan. SMK dengan program keahlian multimedia memiliki satu matapelajaran yang sangat esensial yaitu Dasar Desain Grafis. Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengasah keterampilan dasar siswa dalam dunia desain. Desainer grafis merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan dalam dunia industri. Selain memudahkan dalam proses pertukaran informasi desain grafis memiliki pengaruh dalam branding perusahaan. Berdasarkan wawancara dan hasil penyebaran angket yang telah dilakukan peneliti di SMKN 4 Malang SMKN 5 Malang dan SMKN 11 Malang siswa kesulitan memahami penerapan penggunaaan kombinasi warna dan materi-materi desain grafis yang bersifat teoritis. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih bersifat teacher centered dan media pembelajaran yang kurang interaktif dan menarik. Perlu adanya sebuah media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dan mampu menstimulus siswa untuk terus menerus belajar sehingga terjadi perubahan pola belajar dari teacher centered menjadi student centered. Kebutuhan keterampilan di dunia industri telah di fasilitasi oleh Kurikulum 2013 release 2018 namun masih rendahnya referensi yg mendukung kurikulum tersebut. Buku sekolah elektronik (BSE) tidak banyak digunakan untuk melakukan pembelajaran dan tidak banyak siswa yang memiliki buku tersebut. Motivasi belajar juga diperlukan apabila siswa ingin mendapat hasil memuaskan diakhir proses pembelajarannya. Teknik motivasi belajar meliputi menumbuhkan rasa ingin tahu menggunakan hal-hal kehidupan sehari-hari yang diketahui siswa sebagai contoh materi dan dapat menggunakan simulasi dan permainan. Berdasarkan analysis kajian teori yang telah dilakukan oleh peneliti salah satu alternatif solusi yang peneliti usulkan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan game edukasi. Game edukasi merupakan media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan sehingga siswa dapat mempelajari materi-materi yang dirasa sulit dalam lingkungan virtual yang menyenangkan. Hal ini terbukti dapat menstimulus siswa menjadi lebih mudah mengingat dan memahami materi serta memiliki motivasi belajar yang tinggi. Berdasarkan permasalahan diatas dibuatlah Game Edukasi Degraf sebagai suplemen pada mata pelajaran dasar desain grafis untuk menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa multimedia SMKN Kota Malang. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Game ini berbasis platform Android dimana mudah didapatkan oleh siswa dan dapat dipelajari dimanapun dan kapanpun sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa. Hasil penelitian menunjukkan game yang dibuat sangat layak digunakan dengan persentase rata-rata semua hasil pengujian yang dilakukan sebesar 89.42%. Dimana hasil persentase validasi dari subjek uji coba ahli materi adalah 88.46% dengan kategori sangat layak ahli media adalah 96.43% dengan kategori sangat layak uji coba kelompok kecil adalah 85.91% dengan kategori sangat layak dan uji coba kelompok besar 86.88% dengan kategori sangat layak. Game Degraf juga dapat menumbuhkan motivasi siswa multimedia dalam belajar dasar desain grafis. Hal ini ditunjukkan dengan persentase nilai rata-rata aspek motivasi belajar pada uji coba kelompok kecil 83% dan uji coba kelompok besar 84.67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143710

Actions (login required)

View Item View Item