mobile learning dengan fitur chatbot untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah basis data mahasiswa pendidikan teknik informatika / afista pramudya wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

mobile learning dengan fitur chatbot untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah basis data mahasiswa pendidikan teknik informatika / afista pramudya wardhani

Wardhani, Afista Pramudya Wardhani (2021) mobile learning dengan fitur chatbot untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah basis data mahasiswa pendidikan teknik informatika / afista pramudya wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya motivasi dalam manusia merupakan aspek penting agar dapat lebih berkembang. Sama hal nya dalam proses pembelajaran diperlukan motivasi belajar agar pembelajar dapat lebih maju dan menyerap ilmu-ilmu yang diberikan dengan maksimal. Dalam pembelajaran motivasi bisa didapatkan dari dalam diri seorang pembelajar sendiri (internal) atau dari pihak lain (eksternal). Pada mata kuliah Basis Data dosen pengampu terkadang memberikan suatu studi kasus agar pembelajar dapat memecahkannya dan mencari jalan keluarnya. Dalam hal ini pembelajar akan dipaksa untuk memilih untuk mencari solusinya atau menyerah terhadap permasalahan yang diberikan. Pembelajar dapat mencari solusi terkait pembelajarannya dengan belajar melalui media pembelajaran yang dibuat untuk menunjang pembelajaran Basis Data untuk meningkatkan motivasinya dibuatlah suatu aplikasi dengan menerapkan fitur chatbot agar pembelajar semakin tertarik untuk belajar Basis Data dan mencari solusi terhadap studi kasus yang diberikan. Chatbot sendiri merupakan suatu program yang dirancang agar dapat berinteraksi seperti layaknya manusia dan berbasis kecerdasan buatan. Adanya chatbot menambah kesan personal dalam pembelajaran. Dan tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu aplikasi bernama Basbot dengan suatu fitur yaitu chatbot. Ada beberapa fitur yang disajikan dalam aplikasi mulai dari materi mata kuliah Basis Data quiz dan yang paling menarik adalah fitur chatbot yang dapat dimanfaatkan pembelajar sebagai tutor virtual dengan memanfaatkan personalisasi sehingga pembelajar dapat merasakan belajar dengan adanya seorang teman yang bisa membantu menjawab dan mencari solusi terhadap studi kasusnya. Dalam pengembangannya model pengembangan yang digunakan merupakan model pengembangan 4D yang memiliki 4 tahapan diantaranya define design develop dan disseminate. Beberapa uji coba juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dibuat dimulai dari uji coba oleh para ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Serta uji coba secara langsung ke mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Basis Data di prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Dengan hasil uji coba ahli materi sebesar 92 50% yang masuk kategori sangat valid hasil validasi ahli media sebesar 94 44% yang masuk kategori sangat valid juga. Selanjutnya untuk uji coba pengguna dilakukan dua kali yaitu kelompok kecil dan besar. Pada uji coba kelompok kecil hasilnya yaitu 92 68% dengan motivasi belajar pembelajar sebesar 90 14% dan pada uji coba kelompok luas hasilnya 94 20% dengan persentase motivasi belajar sebesar 93 68%. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran Basbot dianggap telah valid untuk digunakan dan terbukti berhasil meningkatkan motivasi pembelajar dalam mempelajari mata kuliah Basis Data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143705

Actions (login required)

View Item View Item