Ria Febrianti (2021) pengembangan bahan ajar berbantuan sipejar um dan e-collab classroom mata kuliah sistem cerdas untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / ria febrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kegiatan penelitian yang dilakukan bertujuan untuk merancang mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar berbantuan SIPEJAR UM dan e-Collab Classroom serta tingkat motivasi belajar mahasiswa pada topik materi searching learning dan reasoning mata kuliah sistem cerdas program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro (PTE). Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen mata kuliah tersebut ditemukan permasalahan yaitu (1) belum tersedia media pembelajaran daring yang dapat digunakan untuk kegiatan perkuliahan secara teori dan praktik (2) belum ada materi teori pengantar kegiatan praktikum secara online (3) media yang digunakan dalam kegiatan perkuliahan praktikum beragam sehingga mahasiswa harus melakukan beberapa kali penginstalan aplikasi (4) proses kegiatan praktikum membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi dan (5) pemanfaatan SIPEJAR UM yang belum terealisasi dengan maksimal. Melihat adanya beberapa permasalahan tersebut maka perlu dilakukan pengembangan suatu media pembelajaran yang dapat mengatasi persoalan yang ada yaitu dengan mengembangkan bahan ajar berbantuan SIPEJAR UM dan e-Collab Classroom. Model ADDIE merupakan model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini. Adapun sasaran yang dijadikan tempat penelitian yaitu Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Hal tersebut dikarenakan pada program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro terdampak penyebaran COVID-19 yang mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Kegiatan wawancara dan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data awal. Subjek uji coba merupakan mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang telah menempuh mata kuliah sistem cerdas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket skala likert dimana penilaian produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta diuji cobakan kepada kelompok kecil dan kelompok besar. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil penilaian produk 89% dan kelompok sebesar 90% artinya produk yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Adapun persentase motivasi belajar mahasiswa pada kelompok kecil sebesar 86% dan kelompok besar 88% yang berarti motivasi belajar mahasiswa sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 01:44 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143704 |
Actions (login required)
View Item |