media pembelajaran mobile desain grafis percetakan dengan model contextual teaching and learning untuk menumbuhkan minat belajar siswa kompetensi multimedia tingkat smk / johan ahadi chandra - Repositori Universitas Negeri Malang

media pembelajaran mobile desain grafis percetakan dengan model contextual teaching and learning untuk menumbuhkan minat belajar siswa kompetensi multimedia tingkat smk / johan ahadi chandra

Chandra, Johan Ahadi Chandra (2021) media pembelajaran mobile desain grafis percetakan dengan model contextual teaching and learning untuk menumbuhkan minat belajar siswa kompetensi multimedia tingkat smk / johan ahadi chandra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki tujuan utama untuk menghasilkan lulusan siap kerja sesuai dengan kompetensinya. Namun fakta lapangan menunjukan banyak permasalahan dalam proses pembelajaran di SMK jurusan multimedia. Mata pelajaran desain grafis percetakan (DGP) bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan mengidentifikasi dan menerapkan cara pengolahan desain grafis di industri percetakan. Hasil observasi pada siswa SMK jurusan multimedia menunjukan bahwa pemahaman konseptual terhadap materi pelajaran DGP belum tercapai dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran DGP belum maksimal karena metode ajar yang masih konvensional. Menurut hasil observasi dan angket disimpulkan bahwa (1) siswa lebih suka belajar melalui smartphone daripada buku pembelajaran (2) siswa bosan dengan metode belajar konvensional (3) belum ada media yang mengajarkan materi DGP secara kontekstual dan (4) siswa membutuhkan materi yang selaras dengan kebutuhan industri. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan sebuah mobile learning yang menunjang kegiatan pembelajaran DGP menggunakan model pembelajaran kontekstual untuk menumbuhkan minat belajar siswa jurusan multimedia. Dengan menerapkan model CTL diharapkan siswa dapat memahami materi DGP secara konseptual dan bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kelayakan media pembelajaran serta mendeskripsikan pertumbuhan minat belajar siswa pada mata pelajaran DGP setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan mengadaptasi model pengembangan R amp D Sugiyono yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) potensi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Produk dikembangkan menggunakan Android Studio dengan hasil berupa aplikasi berekstensi .apk. Media pembelajaran bermuatan CTL mendapatkan hasil yang sangat layak dalam segi kelayakan media serta tergolong sangat tinggi dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Hasil validasi uji coba pemakaian mendapatkan rata-rata persentase sebesar 87 88%. Sedangkan rata-rata hasil uji coba minat belajar siswa mendapatkan persentase sebesar 82 8% dan mengindikasikan bahwa mobile learning bermuatan CTL sangat layak digunakan dan memiliki pengaruh sangat tinggi dalam menumbuhkan minat belajar siswa SMK terhadap materi DGP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143702

Actions (login required)

View Item View Item