media mobile learning desain grafis percetakan berbasis augmented reality untuk membangun critical thinking siswa smk program keahlian multimedia / muhammad akhsan hakiki - Repositori Universitas Negeri Malang

media mobile learning desain grafis percetakan berbasis augmented reality untuk membangun critical thinking siswa smk program keahlian multimedia / muhammad akhsan hakiki

Hakiki, Muhammad Akhsan Hakiki (2021) media mobile learning desain grafis percetakan berbasis augmented reality untuk membangun critical thinking siswa smk program keahlian multimedia / muhammad akhsan hakiki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hakiki Muhammad Akhsan. 2021. Media Mobile Learning Desain Grafis Percetakan Berbasis Augmented Reality untuk Membangun Critical Thinking Siswa SMK Program Keahlian Multimedia. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah S.T. M.T. (II) Wahyu Nur Hidayat S.Pd. M.Pd. Kata Kunci mobile learning augmented reality fotografi critical thinking Media pembelajaran merupakan jembatan penting bagi guru ke siswa untuk memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran. Mata pelajaran desain grafis percetakan (DGP) yang diajarkan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan multimedia memiliki kompetensi dasar yang membahas tentang kamera dan alat bantu fotografi namun media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada kompetensi dasar tersebut hanya mengandalkan buku cetak dan demonstrasi materi berisi teks berekstensi pdf dan ppt sehingga media kurang interaktif. Berdasarkan hasil angket dan observasi yang dilakukan pada beberapa SMK di Malang maka dapat disimpulkan bahwa (1) sebagian besar SMK belum memiliki peralatan fotografi yang memadai untuk dipelajari semua siswanya (2) siswa sulit mencapai critical thinking jika media pembelajaran kurang interaktif (3) siswa lebih suka media pembelajaran yang dapat diakses melalui smartphone (4) siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan aplikasi mobile learning berbasis augmented reality pada materi pembelajaran kamera dan alat bantu fotografi serta untuk mengetahui juga tingkat critical thinking siswa SMK program keahlian Multimedia setelah menggunakan media yang telah dikembangkan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Design Thinking dengan tahapan sebagai berikut 1) Empathize 2) Define 3) Ideate 4) Prototype 5) Test. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi selanjutnya dilakukan uji coba kelayakan pada peserta didik dengan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Jenis data pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality yang dikembangkan mendapatkan hasil yang sangat baik dalam segi kelayakan media dan tergolong tinggi dalam membangun critical thinking siswa. Hasil validasi dan uji coba pengalaman pengguna dengan UEQ mendapat predikat benchmark rata-rata Excelent sedangkan dari hasil uji tingkat critcal thinking 66 6% dari jumlah siswa mendapatkan predikat high 25% mendapat predikat moderate dan 8 33 sisanya mendapat predikat low hal tersebut mengindikasikan bahawa media pembelajaran berbasis augmented reality sangat layak untuk digunakan dan mampu digunakan untuk membangun critical thinking siswa SMK jurusan multimedia pada mata pelajaran DGP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143701

Actions (login required)

View Item View Item