pengembangan konten online pemrograman dasar python menggunakan google colab sebagai materi penunjang perkuliahan dasar pemrograman komputer / muhammad rosyidi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan konten online pemrograman dasar python menggunakan google colab sebagai materi penunjang perkuliahan dasar pemrograman komputer / muhammad rosyidi

Rosyidi, Muhammad Rosyidi (2021) pengembangan konten online pemrograman dasar python menggunakan google colab sebagai materi penunjang perkuliahan dasar pemrograman komputer / muhammad rosyidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dasar Pemrograman Komputer merupakan matakuliah bidang studi yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan merupakan matakuliah yang penting untuk dikuasai. Bahasa pemrograman C telah digunakan sebagai matakuliah Dasar Pemrograman Komputer sejak tahun 2007 hingga 2020 dan alumni program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika telah terserap di industri maupun instansi pendidikan. Hal ini menunjukkan kematangan penggunaan bahasa C pada matakuliah Dasar Pemrograman Komputer. Namun akan lebih baik apabila mahasiswa diperkenalkan labih dari satu bahasa sebagai penunjang agar mahasiswa lebih siap menghadapi dunia profesional. Dengan memahami lebih dari satu bahasa memberikan keuntungan kepada programmer untuk lebih kreatif efektif efisien dan fleksibel dalam menyelesaikan masalah. Salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman adalah bahasa pemrograman yang memiliki tren yang baik seperti bahasa pemrograman Python. Berdasarkan PYPL bahasa pemrograman Pyhton menempati posisi pertama sebagai bahasa pemrograman populer dengan poin 32.32% dan berdasarkan TIOBE bahasa pemrograman Python menempati posisi ketiga sebagai bahasa pemrograman populer dengan kenaikan rating 1.8% dan diprediksi dapat menempati posisi pertama. Model pengembangan konten online menggunakan pengembangan 4D (four ndash D model). Model pengembangan 4D (four-D model) terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop dan (4) Disseminate. Validasi media dilakukan oleh Ahli media dan Ahli materi. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Hasil yang didapatkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah konten online yang diunggah pada YouTube. Berdasarkan hasil validasi konten online mendapatkan penilaian 93.18% dari Ahli Materi dan 100.00% dari Ahli Media. Persentase rata ndash rata penilaian yang diperoleh dari Ahli Materi dan Ahli media sebesar 95.59% sehingga dapat disimpulkan bahwa konten online sebagai materi penunjang perkuliahan dasar pemrograman komputer sangat valid dan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143700

Actions (login required)

View Item View Item