Pengembangan media pembelajaran berbasis model pembelajaran visual auditori kinestetik untuk meningkatkan motivasi belajar pemrograman web dan perangkat bergerak bagi siswa rpl di smk / Rendy Yofana Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis model pembelajaran visual auditori kinestetik untuk meningkatkan motivasi belajar pemrograman web dan perangkat bergerak bagi siswa rpl di smk / Rendy Yofana Kusuma

Kusuma, Rendy Yofana Kusuma (0000) Pengembangan media pembelajaran berbasis model pembelajaran visual auditori kinestetik untuk meningkatkan motivasi belajar pemrograman web dan perangkat bergerak bagi siswa rpl di smk / Rendy Yofana Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media sebagai sarana pembelajaran memiliki kemampuan dalam mempengaruhi keberagaman kegiatan belajar. Pengembangan media pembelajaran dilakukan pada kompetensi keahlian RPL untuk jenjang SMK. Pengembangan media pembelajaran ldquo SiAman rdquo direalisasikan untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dalam pembelajaran dan bertujuan memudahkan siswa menyesuaikan gaya belajar serta meningkatkan motivasi belajar mereka. Pengembangan memanfaatkan situs web https //siaman.codetalenta.com yang disesuaikan dengan perangkat mobile. Dengan materi Pemrograman Web dan Perangkat (MVC dan Penerapan Framework). Tahap dari pengembangan dengan metode ADDIE dan penjajakan sebelum serta sesudah menggunakan media belajar. Perolehan validasi ahli materi didapatkan persentase 91 7% dengan perolehan kriteria sangat valid serta perolehan validasi ahli media yang didapatkan persentase 88 9% dengan perolehan kriteria sangat valid. Siswa SMK Negeri 2 Singosari dilibatkan sebagai sampel untuk penelitian ini. Dalam uji coba satu-satu yang terdiri dari 2 siswa memperoleh hasil uji coba media sebesar 61 7% dengan kriteria kurang valid dan peningkatan motivasi belajar yang rendah. Dalam uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 11 siswa memperoleh hasil uji coba media sebesar 82 1% dengan kriteria cukup valid dan peningkatan motivasi belajar yang sedang. Dalam uji coba kelompok besar yang terdiri dari 51 siswa memperoleh hasil uji coba media sebesar 77 7% dengan kriteria cukup valid dan peningkatan motivasi belajar yang sedang. Dengan perolehan hasil tersebut maka media pembelajaran ldquo SiAman rdquo berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa serta mampu untuk digunakan dalam pembelajaran jenjang SMK dengan revisi kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143695

Actions (login required)

View Item View Item