Karakteristik fisik dan mekanik tanah desa plandirejo kecamatan bakung kabupaten blitar / Noval Pranata - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik fisik dan mekanik tanah desa plandirejo kecamatan bakung kabupaten blitar / Noval Pranata

Pranata, Noval Pranata (2021) Karakteristik fisik dan mekanik tanah desa plandirejo kecamatan bakung kabupaten blitar / Noval Pranata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pranata Noval. 2019. Karakteristik Fisik dan Mekanik Tanah Desa Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata kunci Tanah karakteristik fisik dan mekanik tanah Tanah Desa Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Jawa Timur sering terjadi masalah diantaranya timbulnya retakan tanahnya keras pada musim kemarau dan pada musim hujan tanahnya menjadi lembek dan daya dukungnya menjadi rendah hal ini mengakibatkan jalan bergelombang dan penurunan badan jalan. Untuk itu dikaji sifat-sifat tanah agar tanah bisa di perbaiki sehingga tanah layak digunakan sebagai pendukung kekuatan konstruksi dasar bangunan. Penelitian ini di laksanakan dengan tujuan (1) mengetahui karakteristik fisik tanah berupa nilai kadar air berat jenis analisa saringan LL PL PI SL. (2) mengetahui karaktristik mekanik tanah berupa nilai kohesi tanah (c) dan sudut geser dalam ( ) yang di hasilkan dari iji Direct Shear Test (DST). Rancangan penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif data penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Tanah yang di uji ada beberapa macam kedalaman tanah yaitu kedalama 0.3 m 0.5 m dan 1 m dengan total sempel benda uji sebanyak 57 buah. Parameter yang diuji dalam penelitian ini antara lain kadar air berat jenis analisa saringan LL PL PI SL dan uji parameter geser tanah. Hasil penelitian sifat fisis tanah menunjukkan selisih rata - rata kadar air pada setiap sampel kedalaman sebesar 33.07 pada pengujian analisa saringan pada kedalaman 1 m memiliki gradasi yang paling baik. Berdasarkan klasifikasi USCS data yang di dapatkan dari pengujian analisa saringan memiliki tanah berbutir kasar karena tanah yang lolos saringan No.200 kurang dari 50% dengan material berupa berpasir karena tanah yang lolos saringan No.4 lebih dari 50% disimbolkan dengan SW dan klasifikasi AASHTO data yang di dapatkan dari pengujian analisa saringan dan batas - batas atterberg bahwa tanah tersebut termasuk dalam klasifikasi kelompok A-2-7 dengan demikian bahwa tipe tanah tersebut adalah tanah berbutir kasar yang berkrikil dan berpasir karena tanah yang lolos saringan No.200 kurang dari 35% juga memiliki tanah dasar bergradasi yang baik dan indeks group (GI) memiliki nilai GI 0 dan termasuk kelas subgrade sangat baik. Sifat mekanik tanah didapatkan hasil pengujian kuat geser langsung pada kedalaman 0.3 m memiliki nilah kohesi sebesar 0.1 kg/cm sup2 kedalaman 0.5 m sebesar 0.092 kg/cm sup2 kedalaman 1 m sebesar 0.071 kg/cm sup2 dan sudut geser dalam kedalaman 0.3 m sebesar 8.32 deg kedalaman 0.5 m sebasar 9.23 deg kedalaman 1 m sebesar 11.93 deg .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143684

Actions (login required)

View Item View Item