Pengaruh sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa di SMK Islam Blitar / Yona Andy Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa di SMK Islam Blitar / Yona Andy Pradana

Pradana, Yona Andy (2020) Pengaruh sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa di SMK Islam Blitar / Yona Andy Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pradana Andy Yona. 2020. Pengaruh Sarana dan Prasarana Ruang Gambar Manual Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Islam Blitar. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pribadi S. T. M. T. (II) Drs. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd. Kata kunci Sarana dan prasarana Hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan sarana dan prasarana ruang gambar manual (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik dan (3) pengaruh sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas X Desain Permodelan dan Interior Bangunan di SMK Islam Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional penggunaan metode pendekatan ini mengacu pada tujuan penelitian dengan mengumpulkan informasi di lapangan kemudian data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan kelas X yang berjumlah 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Prasarana untuk mata pelajaran gambar teknik untuk menunjang belajar menggambar tergolong baik dengan prosentase sebesar 69 67% (2) Sarana untuk mata pelajaran gambar teknik untuk menunjang belajar menggambar tergolong baik dengan prosentase sebesar 70 39% (3) Pengaruh sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa untuk mata pelajaran gambar teknik masuk dalam kriteria sedang (nilai R Square 0 659) dengan prosentase sebesar 65 9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sarana dan prasarana ruang gambar manual jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Islam Blitar termasuk dalam kategori baik. Saran dari peneliti adalah perlu adanya peningkatan pada beberapa indikator seperti kenyamanan ruang gerak kualitas udara dan perabot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143683

Actions (login required)

View Item View Item