hubungan motivasi belajar dengan kendala mahasiswa baru dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / riyan andriansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

hubungan motivasi belajar dengan kendala mahasiswa baru dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / riyan andriansyah

Andriansyah, Riyan Andriansyah (2021) hubungan motivasi belajar dengan kendala mahasiswa baru dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / riyan andriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan perubahan yang sangat signifikan bagi kehidupan masyarakat luas termasuk pada pendidikan. Pembelajaran yang semula dilaksanakan secara luring atau tatap muka di dalam kelas harus dilaksanakan secara daring (online). Pelaksanaan pembelajaran daring banyak ditemui kendala dalam pelaksanaannya terutama bagi mahasiswa. Psikologi mahasiswa yang telah terbiasa belajar secara luring serta melakukan interaksi dan komunikasi langsung dengan pendidik harus segera menyesuaikan dengan sistem pembelajaran daring. Selain itu infrastruktur teknologi informasi di pelosok desa sangat terbatas sehingga mahasiswa yang bertempat tinggal disana menjadi serba kebingungan. Di sisi lain pembelajaran daring semakin menuntut mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Kemandirian belajar mahasiswa tentunya harus diiringi dengan motivasi belajar yang tinggi. Motivasi Belajar sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala dan motivasi belajar mahasiswa pada proses pembelajaran masa pandemi Covid-19 serta mengetahui hubungan motivasi belajar dengan kendala pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa baru angkatan tahun 2020 program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang yang telah menjalani perkuliahan di bawah tiga semester. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan mengambil semua anggota populasi untuk dijadikan sebagai sampel. Namun pada pelaksanaan penelitian hanya mengambil sampel sebanyak 61 dari 96 sebab anggota populasi yang merespon hanya berjumlah 61. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif uji normalitas uji linearitas uji homoskedastisitas dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan kendala mahasiswa baru dalam proses pembelajaran daring pada masa pandem Covid-19 termasuk kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 57%. Kendala paling tinggi yang dialami oleh mahasiswa yaitu pada keterbatasan jaringan internet dengan persentase sebesar 62%. Motivasi belajar mahasiswa baru dalam proses pembelajaran daring pada masa pandem Covid-19 termasuk kategori cukup baik dengan skor rata-rata sebesar 73%. Motivasi paling tinggi yang dimiliki mahasiswa yaitu pada ketekunan mengerjakan tugas dengan persentase sebesar 85% dan paling rendah pada cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin tidak mencontek pekerjaan orang lain sebesar 66%. Pada analisis korelasi product moment diperoleh nilai korelasi sebesar -0 600 dan signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa adanya hubungan motivasi belajar dengan kendala mahasiswa baru dalam proses pembelajaran daring secara signifikan. Hubungan tersebut merupakan hubungan negatif karena nilai korelasi (person correlation) yang dihasilkan bertanda negatif. Maka semakin tinggi motivasi belajar maka kendala pembelajaran daring yang dialami mahasiswa akan semakin rendah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143677

Actions (login required)

View Item View Item