Uji beda antara hasil belajar model blended learning dengan model pembelajaran full online pada siswa kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan smkn 2 bojonegoro / MUALLIFATUN NURUL FITRIYAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji beda antara hasil belajar model blended learning dengan model pembelajaran full online pada siswa kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan smkn 2 bojonegoro / MUALLIFATUN NURUL FITRIYAH

Fitriyah, Muallifatun Nurul Fitriyah (2021) Uji beda antara hasil belajar model blended learning dengan model pembelajaran full online pada siswa kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan smkn 2 bojonegoro / MUALLIFATUN NURUL FITRIYAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Blended learning adalah kombinasi model pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online sedangkan pembelajaran full online merupakan model pembelajaran yang sepenuhnya dilakukan melalui media online tanpa adanya kegiatan tatap muka. Saat ini blended learning banyak diterapkan pada instansi pendidikan setelah adanya pembelajaran daring penuh (full online) akibat dampak pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas serta peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa lalu kemudian membandingkan hasil belajar tersebut berdasarkan kedua model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental menggunakan two group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMKN 2 Bojonegoro dengan pengambilan sampel secara acak yaitu kelas X DPIB 1 sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan perlakuan blended learning dan kelas X DPIB 2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang diberikan perlakuan full online. Selanjutnya proses analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik uji paired sample t test uji N-gain score dan uji independent sample t test yang dilakukan melalui program IBM SPSS 28.0. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar yang diperoleh siswa menggunakan model blended learning menunjukkan kategori cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar awal dengan hasil akhir pembelajaran pada mata pelajaran gambar teknik siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 2 Bojonegoro (2) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran full online menunjukkan kategori kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar awal dengan hasil akhir pembelajaran pada mata pelajaran gambar teknik siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 2 Bojonegoro (3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diberikan perlakuan model blended learning dengan siswa yang diberikan perlakuan pembelajaran full online dan jika dibandingkan maka penerapan model blended learning lebih efektif digunakan pada mata pelajaran berbasis praktikum seperti mata pelajaran gambar teknik daripada pembelajaran full online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143672

Actions (login required)

View Item View Item