Pengaruh ketercapaian kajian praktik lapangan (kpl) terhadap kesiapan mengajar mahasiswa prodi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / Herlis Sweta Adistana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ketercapaian kajian praktik lapangan (kpl) terhadap kesiapan mengajar mahasiswa prodi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / Herlis Sweta Adistana

Adistana, Herlis Sweta Adistana (0000) Pengaruh ketercapaian kajian praktik lapangan (kpl) terhadap kesiapan mengajar mahasiswa prodi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / Herlis Sweta Adistana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adistana Herlis Sweta. 2021. Pengaruh Ketercapaian Kajian Praktik Lapangan (KPL) terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono M.Pd. (II) Drs. Sugiyanto S.T. M.T Kata Kunci Kajian Praktik Lapangan (KPL) Kesiapan Mengajar Kajian Praktik Lapangan (KPL) program mata kuliah bertujuan untuk membekali dan melatih mahasiswa dengan yang nyata kepada mahasiswa. Dalam pelaksanaannya mahasiswa masih memiliki masalah yang berkaitan dengan kesiapan mengajar diantaranya masih kesulitan dalam membuat RPP pengelolaan proses belajar mengajar masih kurang dan evaluasi pembelajaran belum maksimal. Disisi lain pembekalan pembelajaran kependidikan dari kampus dirasa belum optimal karena kurangnya waktu untuk mempelajari tentang ilmu keguruan dan waktu pelaksanaan KPL dirasa sangat singkat sehingga kesiapan mengajar mahasiswa kurang dikarenakan belum maksimalnya pengalaman mengajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan mengajar mahasiswa khususnya mahasiswa kependidikan dalam pelaksanaan Kajian Praktik Lapangan (KPL) Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling anggota sampel dipilih secara acak dari populasi tanpa mempertimbangkan stratifikasi dalam populasi. Alat pengumpulan data penelitian yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data yaitu berupa survei angket tertutup menggunakan skala likert dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif uji normalitas dan uji regresi sederhana. Hasil menunjukkan Kajian Praktik Lapangan (KPL) yang dilaksanakan mahasiswa termasuk dalam kategori cukup tinggi atau cukup tercapai dengan skor rata-rata sebesar 79%. Mahasiswa Kajian Praktik Lapangan (KPL) memiliki ketercapaian paling rendah yaitu pada sub indikator pengelolaan kelas dengan persentase sebesar 68% dan Mahasiswa Kajian Praktik Lapangan (KPL) memiliki ketercapaian paling tinggi yaitu pada sub indikator menyampaikan materi dan memberi motivasi dengan persentase sebesar 85%. Kesiapan mengajar mahasiswa dalam pelaksanaan program Kajian Praktik Lapangan (KPL) dapat dikatakan cukup tinggi dengan skor rata-rata sebesar 74%. Kesiapan mengajar tertinggi mahasiswa yaitu pada kesiapan melaksanakan empat pilar pendidikan Learning to know dan Learning to do dengan persentase sebesar 79% dan kesiapan mengajar yang paling rendah terdapat pada kesiapan mengelola PBM dengan skor sebesar 64%. Kajian Praktik Lapangan (KPL) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa. Nilai koefisien regresi sebesar 0.503. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0 000 lt 0 05) dan nilai thitung gt ttabel (7 891 gt 2 00856). Semakin baik program Kajian Praktik Lapangan (KPL) yang dilaksanakan mahasiswa maka semakin tinggi kesiapan mengajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143670

Actions (login required)

View Item View Item