Huluq, Muhammad Ahsanul (2019) Pengaruh pembelajaran berbasis blended learning terhadap kemenarikan, kemudahan, dan keefektifan pembelajaran di SMK / Muhammad Ahsanul Huluq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Huluq Muhammad Ahsanul 2019. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap kemenarikan Kemudahan Keefektifan Pembelajaran di SMK. Skripsi. Jurusan teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Amat Nyoto M.Pd. (II) Windra Irdianto S. Pd. M.Pd. Kata Kunci pengaruh Pembelajaran berbasis blended learning kemenarikan kemudahan keefektifan pembelajaran. Pendidikan di era milenial sekarang cenderung mengadopsi pembelajaran yang menggunakan pembelajaran yang menerapkan pemanfaatan pengembangan teknologi. Sehingga banyak timbulnya model pembelajaran yang mengabungkan model pembelajaran dengan pemanfaatan perkembangan teknologi khususnya yang bersifat online salah satunya model pembelajaran blended learning. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih belum adanya patokan mengenai porsi campuran dari model pembelajaran blended learning. Maka dengan adanya hal tersebut peneliti melakukan Penelitian mengenai dua tipe pembelajaran blended learning. yakni tipe 1 (face to face dan online) dan tipe 2 (face to face Offline) terhadap kemenarikan kemudahan dan keefektifan pembelajaran yang dilakukan di SMKN 6 Malang.Penelitian ini memiliki tiga tujuan yakni (1)mengetahui tingkat kemenarikan pembelajaran antara pembe lajaran blended learning tipe 1 dan tipe 2 (2) mengetahui tingkat kemuda han pembelajaran antara pembelajaran tipe blended learning tipe 1 dan tipe 2 (3) me ngetahui tingkat keefektifan pembelajaran antara pembelajaran blended learning tipe 1 dan tipe 2. Subjek penelitian yakni kelas 2 TKRO 1 dan TKRO 2. Analisa data yang digunakan adalah Independent sampel t-test. sebelum itu dilakukan uji prasarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. dari hasil penelitian kemenarikan pembelajaran yang diperoleh kelas eksperimen adalah 40 172 dan kelas kontrol diperoleh 38 667 dengan hasil uji t menunjukkan bahwa (sig)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |