Perancangan media penyuluhan mitigasi bencana Gunung Kelud berbasis multimedia / Roni Niko Adisasigit - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media penyuluhan mitigasi bencana Gunung Kelud berbasis multimedia / Roni Niko Adisasigit

Adisasigit, Roni Niko (2015) Perancangan media penyuluhan mitigasi bencana Gunung Kelud berbasis multimedia / Roni Niko Adisasigit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Niko Adisasigit Roni. 2015. Perancangan Media Penyuluhan Mitigasi Bencana berbasis Multimedia. Skripsi Program Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarjono M.Sn (II) Drs. Andi Harisman. Kata Kunci Perancangan Multimedia Penyuluhan Mitigasi Gunung Kelud Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh gunung berapi aktif atau disebut negara cincin api. Dibalik itu terdapat ancaman bencana meletusnya gunung berapi dan pergeseran lempengan bumi. Bencana gunung berapi merupakan masalah serius namun kurang mendapat perhatian pemerintah pusat. Minimnya media penyuluhan membuat masyarakat kurang mengerti dalam mengantisipasi bencana gunung berapi. Permasalahan tersebut memerlukan solusi yang tepat. Solusinya adalah perancangan media penyuluhan mitigasi bencana Gunung Kelud berbasis multimedia. Selain itu juga sebagai sarana informasi dan ilmu pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana. Media tersebut juga dapat digunakan BPBD dalam melakukan program penyuluhan mitigasi bencana Gunung Kelud kepada masyarakat Ngantang. Perancangan Multimedia penyuluhan tentang mitigasi bencana Gunung Kelud ini menggunakan model perancangan prosedural dengan diiringi dengan langkah-langkah yang sistematis terstruktur dan logis. Perancangan ini dirancang berdasarkan data hasil pengumpulan data melalui observasi wawncara dan dokumentasi pada relawan bencana BPBD Kabupaten Malang dan beberapa masyarakat Ngantang. Hasil Perancangan ini berupa multimedia penyuluhan mitigasi bencana tentang daerah rawan dan kesiapsiagaan bencana dengan multimedia menyajikan materi tentang daerah rawan bencana kesiapsiagaan dan sejarah letusan Gunung Kelud selain itu juga terdapat media pendukung berupa video trailer buku digital buku poster x-banner dan leaflet. Disarankan bagi perancang multimedia penyuluhan berikutnya agar lebih kreatif dalam merancang gagasan-gagasan yang berguna bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14366

Actions (login required)

View Item View Item