Aplikasi water and methanol injection pada intake manifold terhadap daya dan nilai emisi gas CO dan HC pada sepeda motor Suzuki Arashi 125 cc / Rachmaddian Haffis - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi water and methanol injection pada intake manifold terhadap daya dan nilai emisi gas CO dan HC pada sepeda motor Suzuki Arashi 125 cc / Rachmaddian Haffis

Haffis, Rachmaddian (2019) Aplikasi water and methanol injection pada intake manifold terhadap daya dan nilai emisi gas CO dan HC pada sepeda motor Suzuki Arashi 125 cc / Rachmaddian Haffis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Haffis Rachmaddian. 2019. Aplikasi Water And Methanol Injection Pada Intake Manifold Terhadap Daya Dan Nilai Emisi Gas CO Dan HC Pada Sepeda Motor Suzuki Arashi 125 CC. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sumarli M.Pd. M. T. (2) Fuad Indra Kusuma S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Water and Methanol Injection Daya Kadar Emisi Gas buang. Pada masa kini sepeda motor menjadi pilihan utama bagi masyarakat sebagai alat transportasi sehari-hari. Pada tahun 2016 produksi kendaraan bermotor mencapai 129.281.079 unit dan sebesar 105.150.082 unit merupakan sepeda motor. Dilihat dari data tersebut emisi gas buang kendaraan bermotor menjadi sumber polusi udara. Polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor mencapai 70-80% dibandingkan dengan industri hanya berkisar antara 20-30%. Emisi gas buang CO dan HC dan daya yang tidak maksimal terjadi akibat pembakaran yang tidak sempurna yang disebabkan tidak cukupnya unsur oksigen dalam proses pembakaran. Dibutuhkan upaya untuk mengurangi emisi gas buang dan meningkatkan prestasi mesin kendaraan bermotor salah satunya dengan aplikasi water injection. Pada penelitian ini water injecion ditambahkan dengan methanol karena methanol mudah didapat dan mempunyai karakteristik sebagai bahan bakar yang berformasi tinggi yang menghasilkan tingkat racun dan senyawa emisi gas buang yang lebih rendah. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aplikasi water and methanol injection pada intake manifold terhadap daya dan nilai emisi gas CO dan HC pada sepeda motor suzuki arashi 125 cc. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode quasi experiment design Jenis quasi experiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control group design yang terdapat kelompok ekperimen (yang diberi perlakuan aplikasi water and methanol injection) dan kelompok kontrol (tanpa perlakuan). Pengambilan data kadar emisi gas buang CO dan HC menggunakan gas analyzer sedangkan untuk pengambilan data daya menggunakan dynamometer. Dengan variasi RPM 1500 sampai 7500 untuk menyesuaikan kondisi idle dan daya maksimum. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa aplikasi water and methanol injection dapat menurunkan kadar emisi gas buang CO dari 2 3171 %vol menjadi 1 5329 %vol untuk larutan A1 dan 2 0957 %vol untuk larutan A2. Namun pada emisi gas buang HC mengalami peningkatan dari 244 2857 ppm menjadi 276 7143 ppm unutk larutan A1 dan 291 1429 ppm untuk larutan A2. Dan pada daya terjadi peningkatan dari 5 2643 HP menjadi 5 4200 HP untuk larutan A1 dan menjadi 5 3614 HP untuk larutan A2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143654

Actions (login required)

View Item View Item