Pengaruh penggunaan CDI Suzuki Shogun terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor Supra X 125 cc / Gitayana Muhammad Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan CDI Suzuki Shogun terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor Supra X 125 cc / Gitayana Muhammad Firdaus

Firdaus, Gitayana Muhammad (2019) Pengaruh penggunaan CDI Suzuki Shogun terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor Supra X 125 cc / Gitayana Muhammad Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firadaus Gitayana Muhammad. 2019. Pengaruh Penggunaan CDI Suzuki Shogun 110cc Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Supra X 125cc. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (2) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci CDI CDI Suzuki Shogun 110cc Daya Mesin Emisi Gas Buang CO (%vol) HC (ppm) Pada saat ini perkembangan teknologi khususnya dibidang otomotif setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya penjualan kendaraan bermotor dan aksesori pendukungnya. Seiring dengan kemajuan teknologi dibidang otomotif ini pihak industri mulai mengeluarkan produk-produk baru yang menarik minat para konsumen untuk melakukan modifikasi. Modifikasi yang dilakukan tersebut meliputi modifikasi penampilan kendaraan bermotor dan modifikasi performa mesin. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penggunaan CDI Suzuki Shogun 110cc terhadap daya motor Supra X 125cc (2) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penggunaan CDI Suzuki Shogun 110cc terhadap emisi gas buang motor Supra X 125cc. Penelitian ini merupakan peneltian eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Paired-Samples T-Test. Penelitian ini menggunakan variasi CDI yang terdiri dari CDI Honda Supra X 125cc dan CDI Suzuki Shogun 110cc. Pengujian dilakukan pada putaran 3000 rpm sampai 6000 rpm dengan rentang 500 rpm untuk melihat daya mesin dan emisi gas buang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan daya dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor yang menggunakan CDI Suzuki Shogun 110cc. Daya maksimum sepeda motor yang menggunakan CDI Suzuki Shogun 110cc lebih besar dari pada sepeda motor yang menggunakan CDI Honda Supra X 125cc. CDI Honda Supra X 125cc menghasilkan daya maksimum sebesar 8 728 hp pada putaran mesin 6000 Rpm. CDI Suzuki Shogun 110cc menghasilkan daya maksimum sebesar 9 105 hp pada putaran mesin 6000 Rpm. Kadar CO (%vol) sepeda motor menggunakan CDI Honda Supra X 125cc lebih besar dari pada sepeda motor yang menggunakan CDI Suzuki Shogun 110cc. CDI Honda Supra X 125cc menghasilkan kadar CO (%vol) maksimum sebesar 2 587 pada putaran mesin 6000 Rpm. CDI Suzuki Shogun 110cc menghasilkan kadar CO (%vol) maksimum sebesar 1 986 pada putaran mesin 6000 Rpm. Kadar HC (ppm) sepeda motor menggunakan CDI Honda Supra X 125cc lebih besar dari pada sepeda motor yang menggunakan CDI Suzuki Shogun 110cc. CDI Honda Supra X 125cc menghasilkan kadar HC (ppm) maksimum sebesar 348 pada putaran mesin 6000 Rpm. CDI Suzuki Shogun 110cc menghasilkan kadar HC (ppm) maksimum sebesar 327 67 pada putaran mesin 6000 Rpm ABSTRACT Firdaus Gitayana Muhammad. 2019. The Effect Of CDI Suzuki Shogun 110cc To Power and Exhaust Emission On A Motorcycle Honda Supra X 125cc. Thesis Department of Automotive Engineering Education Faculty of Engineering State University of Malang. Advisors (1) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (2) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Keyword CDI CDI Suzuki Shogun 110cc Engine Power Exhaust Emission CO (%vol) HC (ppm) On the current developments in the field of automotive technology especially every year always has increased it is characterized by the increasing sales of motor vehicles and accessories of his supporters. Along with the technological advances in the automotive industry it began issuing the new products that interests the consumer to do modifications. These include modifications made to modify the appearance of a motor vehicle and engine performance modifications. The purpose of this research is (1) To know the significantly difference effect of CDI Suzuki Shogun 110cc to power on a motorcycles Honda Supra X 125cc (2) To know the significantly difference effect of CDI Suzuki Shogun 110cc to exhaust emission on a motorcycles Honda Supra X 125cc. This research is experimental research. The research design used was the Paired-Samples T-Test. This research uses a variation of the CDI which consists of The CDI Honda Supra X 125cc and CDI Suzuki Shogun 110cc. The test is taken on a round 3000 rpm to 6000 rpm with vulnerable 500 rpm to see engine power. The research results reveal the existence of a difference that the use of the CDI Suzuki Shogun 110cc produces a higher maximum power while the use of CDI Honda Supra X 125cc. The CDI Honda Supra X 125cc produces a maximum power of 8 728 hp at 6000 rpm. The CDI Suzuki Shogun produces a maximum power of 9 105 hp at 6000 rpm. CDI Honda Supra X 125cc produces a higher CO (%vol) levels while the use of CDI Suzuki Shogun 110cc. The CDI Honda Supra X 125cc produces a maximum CO (%vol) levels of 2 587 at 6000 rpm. The CDI Suzuki Shogun produces a maximum CO (%vol) levels 1 986 at 6000 rpm. CDI Honda Supra X 125cc produces a higher rate HC (ppm) while the use of CDI Suzuki Shogun 110cc. The CDI Honda Supra X 125cc produces a maximum HC (ppm) levels of 348 at 6000 rpm. The CDI Suzuki Shogun produces a maximum HC (ppm) levels 327 67 at 6000 rpm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143649

Actions (login required)

View Item View Item