Pengaruh tinggi angkat katup terhadap daya pada motor Jupiter Z tahun 2008 / Aji Ananta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tinggi angkat katup terhadap daya pada motor Jupiter Z tahun 2008 / Aji Ananta

Ananta, Aji (2019) Pengaruh tinggi angkat katup terhadap daya pada motor Jupiter Z tahun 2008 / Aji Ananta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ananta Aji. 2019. Pengaruh Tinggi Angkat Katup terhadap Daya pada Motor Jupiter Z Tahun 2008. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Paryono S.T. M.T. (II) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Tinggi Angkat Katup Daya Motor Seiring bertambahnya usia motor performa motor akan semakain berkurang hal ini terjadi dikarenakan beberapa faktor yaitu keausan pada komponen terdapat kerak pada komponen. Salah satu yang menentukan output daya adalah campuran bahan bakar baik dari kualitas maupun kuantitas. Kualitas bahan bakar diatur oleh karburator dan kuantitas diatur oleh celah katup atau tinggi angkat katup keruang bakar sehingga volume campuran bahan bakar dan udara yang masuk keruang bakar lebih banyak untuk menghasilkan daya maksimum. Jadi untuk menghasilkan daya maksimum dengan cara menambah tinggi lobe lift. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tinggi angkat katup terhadap daya. Objek penelitian yang digunakan adalah Yamaha Jupiter Z tahun 2008 Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengujian dilakukan pada skala rpm 3000 rpm sampa 6000 rpm dengan pembagian skala per 500 rpm. Alat yang digunakan untuk menguji adalah dynotest. Lalu hasilnya akan di analisis dengan spss 22 for windows dengan teknik analisis One Way Anova. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada rpm 3000 daya terkecil dimiliki oleh camshaft lobe lift 5.75 mm sebesar 0.7 HP lalu lobe lift 7 mm lobe lift standar sebesar 1.3 HP dan terbesar pada lobe lift standar sebesar 1.6 HP namun pada rpm 6000 terbesar pada lobe lift 7 mm sebesar 6.94 HP lalu lobe lift 5.75 mm sebesar 4.86 HP dan yang terakhir adalah lobe lift standar dengan besar 4.76 HP. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penambahan tinggi angkat katup (lobe lift) akan mempengaruhi pengeluaran daya yang dihasilkan dari motor. Disarankan untuk penelitian selanjutnya meneliti menggunakan variabel terikat yang berbeda misalnya dari segi konsumsi bahan bakar pembuangan bahan bakar yang dihasilkan dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143648

Actions (login required)

View Item View Item