Pemanfaatan media belajar blended learning berbasis kelaskita guna meningkatkan hasil belajar pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem pengapian konvensional kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 12 Malang / Achmad Hamon Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media belajar blended learning berbasis kelaskita guna meningkatkan hasil belajar pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem pengapian konvensional kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 12 Malang / Achmad Hamon Akbar

Akbar, Achmad Hamon (2019) Pemanfaatan media belajar blended learning berbasis kelaskita guna meningkatkan hasil belajar pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem pengapian konvensional kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 12 Malang / Achmad Hamon Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Akbar A. H. 2019. Pemanfaatan Media Belajar Blended Learning Berbasis Kelaskita Guna Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Menerapkan Cara Perawatan Sistem Pengapian Konvensional Kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E M.M M.Pd. (II) Andika Bagus Nur Rahma Putra S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kelaskita blended learning hasil belajar sistem pengapian Internet memiliki peranan penting dalam perkembangan pendidikan hal itu dikarenakan internet merupakan sumber belajar yang luas dan memiliki akses bebas bagi penggunanya. Hasil observasi pada SMKN 12 Malang menunjukkan masalah utama yaitu pemanfaatan handphone pada saat belajar dan fasilitas sekolah berupa open wifi yang kurang optimal dan sebagian fasilitas untuk menampilkan materi pelajaran kurang mendukung. Media Kelaskita menjadi salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan Kelaskita berbasis blended learning dengan menggunakan slide presentasi pada kompetensi cara perawatan sistem pengapian konvensional siswa kelas XI TKR di SMKN 12 Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimental semu dengan pre-test dan post-test. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan tahun ajaran 2018/2019. Kelas XI TKR I sejumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR III sejumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa instrumen pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) aplikasi Kelaskita dan instrumen tes (pre-test dan post-test). Analisis data dilakukan dengan analisis uji Independent Sample T Test menggunakan bantuan SPSS 19.0 untuk menguji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelaskita berbasis blended learning layak digunakan sebagai bahan ajar pada siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 12 Malang dan (2) pemanfaatan Kelaskita lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menerapkan cara perawatan sistem pengapian konvensional di kelas XI TKR di SMKN 12 Malang dibandingkan dengan media slide presentasi. Saran yang diberikan meliputi 1) Bagi sekolah yang belum menerapkan blended learning diharapkan dapat meningkatkan sarana dan prasarana guna menunjang pembelajaran berbasis blended learning 2) Bagi guru yang belum menerapkan blended learning hendaknya mampu mengarahkan kebiasaan siswa untuk hal positif 3) Bagi siswa yang belum menggunakan metode blended learning diharapkan mampu beradaptasi untuk belajar dengan metode blended learning dan 4) Peneliti selanjutnya juga dapat menerapkan penggunaan media belajar Kelaskita pada sekolah lain dengan kompetensi atau materi dan jenjang kelas yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143647

Actions (login required)

View Item View Item