Hubungan proses pembelajaran remedial dan minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa SMKN Darul Ulum Muncar / Indra Eka Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan proses pembelajaran remedial dan minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa SMKN Darul Ulum Muncar / Indra Eka Setiawan

Setiawan, Indra Eka (2019) Hubungan proses pembelajaran remedial dan minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa SMKN Darul Ulum Muncar / Indra Eka Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indra Eka Setiawan Hubungan Proses Pembelajaran Remidial Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa SMKN Darul Ulum Muncar Skripsi Fakultas Teknik Jurusan mesin Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif tahun 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan Proses Pembelajaran Remidial dan Minat Belajar siswa dengan hasil Belajar mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa SMKN Darul Ulum Muncar Kelas XI Tahun Pengajaran 2018 / 2019 sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data penelitian yang dilakukan adalah dengan observasi catatan lapangan dan penyebaran angket. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara Proses Pembelajaran Remidial dan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar. Uji validasi menunjukkan bahwa X1terdapat 16 item dengan hasil diskripsi pembelajaran rata-rata item antara 3 18 hingga 3 93 hal ini menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif terhadap item variabelpembelajaran remedial X2 terdapat 10 item diperoleh mayoritas jawaban responden adalah jawaban sangat setuju dengan rata-rata item antara 2 58 hingga 3 81 hal ini meunjukkan bahwa responden memberi responden positif terhadap item variable minat Y terdapat 15 item diperoleh jawaban sangat setuju dengan rata-rata item antara 2 93 hingga 3 88.hal ini menunjukkan bahwa responden memberi responden positif terhadap item variable hasil belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan proses pembelajaran Remidial dan Minat belajar siswa dengan hasil belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa kelas XI SMKN Darul Ulum Muncar. Hal ini ditunjukkan oleh 1. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif terhadap variabel hasil belajar. 2. Hasil uji pengaruh menunjukkan bahwa a. Nilai t hitung (2 205 ) lebih dari t table (1 995 ) atau nilai signifikannsi (0 031 ) kurang dari alpha 0 050). Sehingga terdapat pengaruh signifikan antara variabel Pembelajaran Remidial terhadap variabel Hasil Belajar. b. Uji parsial antara variabel Minat terhadap variabel Hasil Belajar didapat nilai t hitung (3684 ) lebih dari t tabel (1 995 ) atau nilai signifikansi (0 000) kurang dari alpha ( 0 050 ) sehingga terdapat pengaruh signifikan antara variabel Minat terhadap variabel Hasil Berlajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143641

Actions (login required)

View Item View Item