Pengaruh variasi tekanan bahan bakar pada sepeda motor 110cc fuel injection terhadap daya mesin dan emisi gas buang CO dan HC / Achmad Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi tekanan bahan bakar pada sepeda motor 110cc fuel injection terhadap daya mesin dan emisi gas buang CO dan HC / Achmad Fauzi

Fauzi, Achmad (2020) Pengaruh variasi tekanan bahan bakar pada sepeda motor 110cc fuel injection terhadap daya mesin dan emisi gas buang CO dan HC / Achmad Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fauzi Achmad. 2019. Pengaruh Variasi Tekanan Bahan Bakar Pada Sepeda Motor 110cc fuel injection Terhadap daya mesin dan emisi gas buang CO dan HC. Skripsi Jurusan Teknik Mesin S1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (2) Drs. Sumarli M.Pd M.T. Kata Kunci Variasi Tekanan Daya Emisi CO dan HC Tingkat kebutuhan kendaraan bermotor sebagai salah satu alat transportasi sangat tinggi berdasarkan data statistic (asosiasion industri sepeda motor Indonesia) tahun 2018 terdistribusi sebesar 5.886.103 unit sepeda motor yang membuat pabrikan kendaraan saling berlomba lomba menghadirkan kendaraan yang irit bahan bakar dan menghasilkan tenaga yang besar dan memenuhi standart emisi. Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh variasi tekanan bahan bakar pada sepeda motor 110cc fuel injection terhadap daya mesin gas buang CO HC. Penelitian ini juga diharapkan mampu menemukan parameter yang seimbang antara performa mesin dengan emisi gas yang dihasilkan. Daya merupakan energi yang dihasilkan mesin persatuan waktu mesin. Sedangkan gas buang merupakan polutan dari hasil sisa pembakaran kendaraan yang menyebabkan udara tercemar. Gas buang CO tercipta dari proses pembakaran yang terlalu kaya sedangkan HC tercipta dari proses pembakaran yang tidak sempurna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian perbandingan kelompok statis. Subyek dalam penelitian ini yaitu variasi tekanan bahan bakar dan obyek dalam penelitian ini adalah sepeda motor 110cc fuel injection. Metode pengumpulan data menggunakan instrument dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pertama pengaruh variasi tekanan bahan bakar pada sepeda motor 110cc fuel injection terhadap daya dengan nilai signifikansi 0 029 0 05 yang kedua pengaruh variasi tekanan bahan bakar pada sepeda motor 110cc fuel injection terhadap gas buang CO dengan nilai signifikansi 0 039 0 05 dan HC 0 000 0 05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama variasi tekanan bahan bakar sangat mempengaruhi daya sepeda motor 110cc fuel injection yang kedua variasi tekanan bahan bakar sangat mempengaruhi gas buang CO dan HC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143620

Actions (login required)

View Item View Item