Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomatif di SMK Brantas Karangkates / Bayu Iskhak Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomatif di SMK Brantas Karangkates / Bayu Iskhak Wicaksono

Wicaksono, Bayu Iskhak (2020) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomatif di SMK Brantas Karangkates / Bayu Iskhak Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan mengajar adalah kemampuan kecakapan yang dimiliki guru yang bersifat mendasar dalam membimbing siswa dari awal sampai akhir pembelajaran serta membantu siswa untuk berkembang dan menyesuaikan diri dengan lingkunganya. Penggunaan media pembelajaran adalah cara guru untuk menggunakan alat pengajaran sebagai perantara untuk menyampaikan bahan-bahan instruksional dalam proses belajar mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan pengajaran tersebut. Prestasi belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh keterampilan mengajar terhadap prestasi belajar siswa. 2) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. 3) pengaruh keterampilan mengajar dan penggunaan media secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas X TKR SMK Brantas Karangkates. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji Prasayarat analisis meliputi uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heeterokedaskisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterampilan mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 2 520 gt ttabel 2 00247 pada taraf signifikansi 5%. 2) penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 3 660 gt ttabel 2 00247 pada taraf signifikansi 5%. 3) Keterampilan Mengajar dan penggunaan media secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 9 343 gt Ftabel 3 16 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan Efektifnya sebesar 24 7% sedangkan sisanya 75 3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143614

Actions (login required)

View Item View Item