Perbedaan pengguna ignition coil standar dan racing dilengkapi dengan capasitor terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor 110 cc esp/ Itok endirga krissensen / Itok Endirga Krissensen - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pengguna ignition coil standar dan racing dilengkapi dengan capasitor terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor 110 cc esp/ Itok endirga krissensen / Itok Endirga Krissensen

Krissensen, Itok Endirga (2020) Perbedaan pengguna ignition coil standar dan racing dilengkapi dengan capasitor terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor 110 cc esp/ Itok endirga krissensen / Itok Endirga Krissensen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Krissensen Itok Endirga. 160513609672 (2020). Perbedaan Penggunaan Ignition Coil Standar Dan Racing Dilengkapi Dengan Capasitor Terhadap Daya Dan Emsi Gas Buang Pada Sepeda Motor 110 CC ESP. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muchammad Harly S.T. M.T. (2) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci coil standar coil racing penambahan capasitor daya emisi gas buang. Kendaraan bermotor khususnya roda dua terus mengalami peningkatan dan perkembangan sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Dengan pesatnya pertumbuhan kendaraan bermotor ini maka industri otomotif semakin melakukan pengembangan baik teknologi maupun dampak yang dilepaskan yaitu gas buang (emisi). Dampak yang paling serius dalam peningkatan jumlah kendaraan bermotor ialah gas buang yang mengandung gas beracun dan mempertinggi kadar pencemaran udara. Sistem pengapian merupakan salah satu dari sekian banyak komponen sepeda motor yang paling sering mengalami perkembangan. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan ignition coil coil standar tanpa pemasangan capasitor terhadap daya dan emisi gas buang (2) mengetahui penggunaan ignition coil racing tanpa pemasangan capasitor terhadap daya dan emisi gas (3) mengetahui pengaruh penggunaan ignition coil standar dengan pemasangan capasitor terhadap daya dan emisi gas buang (4) pengaruh penggunaan ignition coil racing dengan pemasangan capasitor terhadap daya dan emisi gas buang gas buang yang diteliti yakni karbon monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC). Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode true eksperimental dengan menggunakan uji analisis Two Way Anova dengan prasyarat data telah diuji normalitas dan homogenitas. Analisis yang dilakukan meliputi penjelasan tentang variasi igniton coil dengan penambahan capasitor dan tanpa penambahan capasitor terhadap daya dan emisi gas buang. Pengujian daya dilakukan di AHASS Asia Motor Pakisaji sedangkan uji emisi gas buang dilakukan di SMK Negeri 1 Blitar untuk uji daya dan emisi gas buang dilakukan pada putaran mesin 3000 ndash 7500 RPM dengan kelipatan 500 dengan pengulangan pengujian sebanyak 4 kali. Hasil pengujian daya mesin dan emisi gas buang menunjukkan bahwa variasi coil pengapian tanpa capasitor dengan coil pengapian dengan pemasangan capasitor dapat mengaruhi daya dan emisi gas buang. Daya yang dihasilkan dengan pemasangan capasitor mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya putaran mesin. Emisi gas buang CO dan HC yang dihasilkan juga lebih rendah dibandingkan tanpa pemasangan capasitor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143613

Actions (login required)

View Item View Item