Aristona, Raka Fajar (2020) Pengaruh penerapan coorporative learning tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar materi special service tools dan motivasi belajar siswa kelas X TKR di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban / Raka Fajar Aristona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Banyak faktor utama yang terlibat dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain guru siswa kurikulum sarana dan prasarana lingkungan serta model pembelajaran yang terus dikembangkan sesuai kebutuhan. Akan tetapi dalam kenyataannya semua upaya tersebut masih belum berhasil meningkatkan kualitas lulusan terutama dari pendidikan kejuruan. Adanya perbandingan yang berat sebelah antara antusias guru yang tinggi berbanding terbalik dengan rendahnya apresiasi siswa. Serta pemilihan model pembelajaran yang belum tepat sesuai dengan kondisi dengan ditunjukkannya hasil belajar siswa serta motivasi belajar siswa yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Dengan model penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design menggunakan posttest only control group design. Populasi yaitu siswa kelas X TKR SMK Tuban dengan sampel kelas X TKR 1 untuk kelas eksperimen dan X TKR 2 untuk kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu tes pilihan ganda dan angket. Uji instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar siswa dengan dibuktikan dengan nilai t hitung gt t tabel yakni 4 259 gt 1 689 dan nilai signifikansi yakni 0.00 lt 0.05 kemudian terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran numbered heads together terhadap motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai t hitung gt t tabel yakni 4 003 gt 1 689 serta nilai signifikansi yaitu 0.00 lt 0.05. Maka dari hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas X TKR SMK Taruna Jaya Prawira Tuban pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif materi special service tools.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |