Perbedaan penggunaan busi dengan bahan inti elektroda nikel dan silver terhadap daya mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor 110 cc 4 tak / Than Eric Andias - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan busi dengan bahan inti elektroda nikel dan silver terhadap daya mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor 110 cc 4 tak / Than Eric Andias

Andias, Than Eric (2020) Perbedaan penggunaan busi dengan bahan inti elektroda nikel dan silver terhadap daya mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor 110 cc 4 tak / Than Eric Andias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya tingkat penggunaan kendaraan bermotor di Indonesia merupakan penyebab tingginya polusi udara yang dihasilkan dari gas buang kendaraan. Kebutuhan pengguna kendaraan bermotor juga menginginkan daya maksimal yang dihasilkan pada kendaraannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan busi dengan bahan inti elektroda nikel dan silver terhadap daya mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor 110 CC 4 tak. Penelitian ini menggunakan asumsi bahwa busi silver dapat menghasilkan loncatan bunga api yang lebih baik dari busi nikel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi-experiment sebagai desain. Metode uji yang digunakan adalah T-test independent dengan bantuan aplikasi SPSS 24 for windows. Busi silver dan nikel merupakan variabel bebas dalam penelitian ini sedangkan daya mesin dan emisi gas buang merupakan variabel terikatnya. Hasil pengujian yang dilakukan sebanyak 5 kali pada masing ndash masing penggunaan busi adalah terjadi kenaikan nilai daya dari penggunaan busi silver terhadap busi nikel pada setiap interval putaran engine dengan kenaikan tertinggi 0 306 HP pada putaran engine 8000 rpm. Terdapat perbedaan kadar HC dan CO yang dihasilkan busi nikel dan busi silver terjadi penurunan maksimal sebesar 60 6 ppm pada putaran engine 3000 rpm dan penurunan sebesar 0 26% pada putaran engine 7000 rpm. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi gt 0 05 pada semua data yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan baik terhadap daya mesin maupun emisi gas buang sepeda motor 110 CC 4 tak dari penggunaan busi dengan bahan inti elektroda nikel dan silver meskipun data hasil uji menunjukkan terdapat perbedaan hasil pada masing ndash masing jenis busi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143608

Actions (login required)

View Item View Item