korelasi persepsi siswa tentang kelengkapan sarana prasarana bengkel dan minat belajar praktik dengan prestasi belajar pemeliharaan sasis kendaraan ringan di smk se-kota probolinggo / himawan nurpratomo - Repositori Universitas Negeri Malang

korelasi persepsi siswa tentang kelengkapan sarana prasarana bengkel dan minat belajar praktik dengan prestasi belajar pemeliharaan sasis kendaraan ringan di smk se-kota probolinggo / himawan nurpratomo

Nurpratomo, Himawan Nurpratomo (2021) korelasi persepsi siswa tentang kelengkapan sarana prasarana bengkel dan minat belajar praktik dengan prestasi belajar pemeliharaan sasis kendaraan ringan di smk se-kota probolinggo / himawan nurpratomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang mempersiapkan lulusannya untuk memasuki dunia usaha dan dunia industri dengan berbagai keterampilan di bidang tertentu. Di SMK sarana prasarana merupakan salah satu poin penting untuk menunjang proses pembelajaran praktik SMK harus memiliki sarana prasarana bengkel sesuai standar yang lengkap untuk mendukung proses pembelajaran praktik sehingga memudahkan siswa untuk berlatih dan praktik sehingga mempengaruhi prestasi belajar yang lebih baik. Minat belajar siswa juga harus diperhatikan sebelum proses pembelajaran dimulai guru harus merangsang minat belajar siswa agar siswa tertarik aktif siap dan fokus dalam proses pembelajaran sehingga ilmu akan mudah terserap dan prestasi belajar yang baik akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) korelasi persepsi siswa tentang kelengkapan sarana prasarana bengkel dengan prestasi belajar pemeliharaan sasis kendaraan ringan (2) korelasi minat belajar praktik dengan prestasi belajar pemeliharaan sasis kendaraan ringan dan (3) korelasi persepsi siswa tentang kelengkapan sarana prasarana bengkel dan minat belajar praktik dengan prestasi belajar pemeliharaan sasis kendaraan ringan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena datanya berbentuk angka dan dianalisis secara statistik dengan objek penelitian siswa SMK Se-Kota Probolinggo kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 76 siswa yang terbagi dalam 4 SMK. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dokumentasi dan soal. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas uji reliabilitas uji daya beda soal dan uji kesukaran soal. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Kemudian menggunakan uji regresi sederhana (product moment) dan uji regresi ganda (uji F) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasi antara persepsi siswa tentang kelengkapan sarana prasarana bengkel dengan prestasi belajar pemeliharaan sasis kendaraan ringan di SMK Se-Kota Probolinggo (2) terdapat korelasi antara minat belajar praktik dengan prestasi belajar pemeliharaan sasis kendaraan ringan di SMK Se-Kota Probolinggo dan (3) terdapat korelasi antara persepsi siswa tentang kelengkapan sarana prasarana bengkel dan minat belajar praktik dengan prestasi belajar pemeliharaan sasis kendaraan ringan di SMK Se-Kota Probolinggo. Dengan sarana prasarana bengkel yang lengkap siswa akan belajar lebih optimal dan lebih mudah untuk berlatih dan praktik. Sarana prasarana bengkel yang lengkap dan minat belajar yang tinggi maka proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan prestasi hasil belajar yang baik akan tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143606

Actions (login required)

View Item View Item