pengembangan aplikasi plito untuk pembelajaran daring pada kompetensi mengklasifikasi jenis jenis hand tools di smkn 12 malang / dwi wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan aplikasi plito untuk pembelajaran daring pada kompetensi mengklasifikasi jenis jenis hand tools di smkn 12 malang / dwi wicaksono

Wicaksono, Dwi Wicaksono (2021) pengembangan aplikasi plito untuk pembelajaran daring pada kompetensi mengklasifikasi jenis jenis hand tools di smkn 12 malang / dwi wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Dwi. 2021. Pengembangan Aplikasi Plito Untuk Pembelajaran Daring Pada Kompetensi Mengklasifikasi Jenis-Jenis Hand Tools Di SMKN 12 Malang. Pembimbing (1) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (2) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Daring Hand Tools Mobile Android. Pada tahun 2020 ini terjadi wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) yang telah melanda 215 negara di dunia memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan tingkat kejuruan Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah telah melarang sekolah menengah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (konvensional) dan memerintahkan untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring (Surat Edaran Kemendikbud Dikti No. 1 tahun 2020). Perguruan tinggi dituntun untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring atau on line (Firman F. amp Rahayu S. dikutip dari Adi S 2021). Selama pandemi COVID-19 SMKN 12 Malang menggunakan pembelajaran daring. Masalah yang ada yaitu pembelajaran melalui daring yang dilakukan hanya sebatas pemberian materi kepada siswa tanpa adanya proses belajar mengajar dan malasnya peserta didik untuk membaca dan belajar secara mandiri di rumah. Hasil survey wawancara dengan guru TKR SMKN 12 Malang banyak siswa yang tidak membaca materi yang sudah diberikan oleh guru sebelumnya. Dampak yang dapat terjadi adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan praktik siswa. Siswa juga semakin malas dalam membaca materi yang sudah diberikan oleh guru. Untuk mengatasi masalah yang ada dan penghematan biaya oleh peserta didik maka peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran. Peneliti tertarik untuk mengambil judul ldquo Pengembangan Aplikasi Plito untuk Pembelejaran Daring Pada Kompetensi Mengklasifikasi Jenis-Jenis Hand Tools di SMKN 12 Malang rdquo . Media pembelajaran yang diharapkan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran mata pelajaran Peralatan Dasar Teknik Otomotif di SMKN 12 Malang. Dalam pengembangan produk sistem tutor ini metode penelitian dan pengembangan menggunakan penelitian pengembangan (R amp D) dari Sugiyono. Model tersebut memiliki tahapan sebagai berikut (1) Potensi amp masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain Produk (4) Pembuatan Produk (5) Validasi produk (6) Revisi produk (7) Uji coba kelompok kecil (8) Revisi produk (9) Uji coba kelompok besar (10) Revisi produk (11) Produk akhir. Berdasarkan hasil uji verifikasi yang dilakukan oleh para ahli media dan ahli materi tingkat kevalidan produk dari ahli media adalah 91 21% dan tingkat kevalidan produk dari ahli materi adalah 91 14% Menurut uji coba pengguna yang dilakukan didapatkan hasil berupa persentase uji coba pengguna kelompok kecil adalah 76 08% dan persentase uji coba pengguna kelompok besar adalah 90 55%. Berdasarkan kriteria validitas dapat dikatakan bahwa materi hand tools sangat efektif dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143605

Actions (login required)

View Item View Item