Pengaruh kuat medan elektromagnet pada pipa saluran bahan bakar terhadap daya mesin dan emisi gas buang mesin bensin efi 1300 cc / INDRA YUDHA PRATAMA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kuat medan elektromagnet pada pipa saluran bahan bakar terhadap daya mesin dan emisi gas buang mesin bensin efi 1300 cc / INDRA YUDHA PRATAMA

Pratama, Indra Yudha Pratama (0000) Pengaruh kuat medan elektromagnet pada pipa saluran bahan bakar terhadap daya mesin dan emisi gas buang mesin bensin efi 1300 cc / INDRA YUDHA PRATAMA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi khususnya di bidang otomotif terus meningkat. Penggunaan bahan bakar minyak untuk konsumsi mesin juga semakin banyak dan menghasilkan polusi udara dalam jumlah besar. Hal ini dapat berpengaruh terhadap ketersediannya bahan bakar di masa yang akan datang dan juga polusi yang dihasilkan dapat membahayakan kehidupan manusia. Semakin meningkatnya jumlah produksi kendaraan bermotor mengakibatkan jumlah gas buang yang dihasilkan dari sisa hasil pembakaran yang dikeluarkan ke udara juga semakin banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan pencemaran udara semakin meningkat. Polutan yang berasal dari gas buang kendaraan bermotor seperti CO NO2 HC Pb SO2 dan partikel debu. Emisi gas buang ikut berperan dalam kerusakan lingkungan dan merupakan gas yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kuat medan elektromagnet terhadap daya mesin dan emisi gas buang pada mesin bensin Efi 1300 CC. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Pengambilan data pada daya mesin dan emisi gas buang dilakukan pada rpm 2000 sampai dengan 5500rpm dengan kenaikan tiap rpm nya sebesar 500rpm. Pengujian dilakukan sebanyak 5 kali pengulangan pada setiap rpm. Setelah dilakukan proses pengambilan data kemudian dilakukan pengolahan data dan analisis menggunakan metode varian anova satu jalan (One Way Anova) pada program SPSS satistics for windows. Berdasarkan penelitian dapat diperoleh hasil adanya peningkatan daya mesin yang dihasilkan dan penurunan kadar emisi gas buang CO amp HC antara posisi standar dan penggunaan medan elektromagnet 1 2 amp 3. Rata-rata peningkatan daya pada penggunaan medan elektromagnet 1 sebesar 0 869 hp medan elektromagnet 2 sebesar 1 189 hp pada medan elektromagnet 3 sebesar 1 632 hp. Kemudian rata-rata penurunan emisi gas buang CO pada penggunaan medan elektromagnet 1 sebesar 20 %vol medan elektromagnet 2 sebesar 22 %vol pada medan elektromagnet 3 sebesar 40 %vol. Sedangkan rata-rata penurunan emisi gas buang HC pada penggunaan medan elektromagnet 1 sebesar 22 95 ppm medan elektromagnet 2 sebesar 53 05 ppm pada medan elektromagnet 3 sebesar 113 5 ppm. Sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan variasi kuat medan elektromagnet pada pipa saluran bahan bakar terhadap daya mesin pada mesin bensin 1300 CC. Selanjutnya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan variasi medan elektromagnet pada pipa saluran bahan bakar terhadap kadar CO amp HC dalam emisi gas buang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143597

Actions (login required)

View Item View Item