pengaruh kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial guru terhadap tingkat berpikir siswa dalam soal ujian di jurusan teknik pemesinan smkn 3 bojonegoro / septiyani wulansah putri - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial guru terhadap tingkat berpikir siswa dalam soal ujian di jurusan teknik pemesinan smkn 3 bojonegoro / septiyani wulansah putri

Putri, Septiyani Wulansah Putri (2021) pengaruh kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial guru terhadap tingkat berpikir siswa dalam soal ujian di jurusan teknik pemesinan smkn 3 bojonegoro / septiyani wulansah putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Demi meningkatkan unggulan.potensi.sumber.daya.manusia Pemerintah Indonesia juga mengajak berbagai pihak untuk melakukan usaha dan solusi dalam menciptakan motivasi demi memajukan mutu pendidikan kejuruan supaya mendapatakan lulusan yang berkualitas. Sejalan dengan itu terdapat perubahan pada rancangan pembelajaran dimana pembelajaran tersebut menegaskan poin-poin karakter keterampilan pada berpikir ranah kognitif atau HOTS (Higher Order Thinking Skills) serta kapabilitas pada abad 21 saat ini semua ditujukan untuk menyiapkan lulusan profesional. Adanya tujuan dari penelitian ini sebagai berikut (1) mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap tingkat berpikir siswa dalam soal ujian di jurusan teknik pemesinan SMKN 3 Bojonegoro (2) mendeskripsikan pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap tingkat berpikir siswa dalam soal ujian di SMKN 3 Bojonegoro (3) mendeskripsikan pengaruh kompetensi profesional guru terhadap tingkat berpikir siswa dalam soal ujian di SMKN 3 Bojonegoro (4) mendeskripsikan pengaruh kompetensi sosial guru terhadap tingkat berpikir/siswa dalam soal ujian di SMKN 3 Bojonegoro dan (5)mendeskripsikan pengaruh kompetensi pedagogik kepribadian profesional dan sosial guru terhadap tingkat berpikir siswa dalam soal ujian dijurusan teknik pemesinan SMKN 3 Bojonegoro. Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif (deskriptif) menggunakan uji analisis regresi berganda dan memakai program SPSS version 22.0. Instrumen dikembangkan berupa angket tentang ke empat kompetensi guru dan dokumentasi. Hasil analisis didapatkan sebagai berikut (1) Pada hasil yang sudah didapat dalam penelitian ini tidak terdapat pengaruh hubungan yang siginifikan antara kompetensi pedagogik dalam tingkat berpikir siswa (2) kompetensi kepribadian berpengaruh pada tingkat berpikir siswa di SMK Negeri 3 Bojonegoro yang artinya makin tinggi keahlian kompetensi kepribadian guru maka makin baik hasilnya bagi siswa (3) kompetensi profesioal guru berpengaruh terhadap tingkat berpikir siswa guru sering mengikuti seminar atau ditugaskan mengikuti kegiatan pendidikan yang menambah keprofesionalan guru (4) Kompetensi sosial guru tidak berpengaruh terhadap tingkat berpikir siswa tidak adanya hubungan kompetensi sosial guru terhadap tingkat berpikir siswa dikarenakan beberapa faktor dari salah pemahaman antara guru dan siswa dan (5) tingkat berpikir siswa masih banyak menggunakan soal di tingkat ranah rendah atau LOTS dari C1 ndash C3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143595

Actions (login required)

View Item View Item