Analisis dimensi perpindahan massa oksigen pada splash aerator tambak / Septya Hananta Widyatama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis dimensi perpindahan massa oksigen pada splash aerator tambak / Septya Hananta Widyatama

Widyatama, Septya Hananta (2020) Analisis dimensi perpindahan massa oksigen pada splash aerator tambak / Septya Hananta Widyatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyatama Septya Hananta. 2020. ANALISIS DIMENSI PERPINDAHAN MASSA OKSIGEN PADA SPLASH AERATOR TAMBAK. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhammad Alfian Mizar M.P. (II) Drs. Imam Sudjono M.T. Kata Kunci analisis dimensi perpindahan massa oksigen splash aerator. Indonesia merupakan penghasil udang terbaik ketiga setelah Thailand dan Ekuador. Peningkatan produksi perikanan budidaya khususnya budidaya udang dari tahun ke tahun berjalan beriringan dengan target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil udang terbesar di dunia sehingga petani udang dituntut meningkatkan hasil produk budidayanya supaya selalu mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu harus ada korelasi dalam hal teknologi untuk mendukung kebutuhan yang essensial dalam budidaya udang bagi para petani tambak di antaranya adalah memasok oksigen untuk kebutuhan aerasi ke ekosistem tambak. Kemampuan untuk mempertahankan kualitas air adalah kunci peningkatan kapasitas produksi perikanan dalam budidaya bisnis ikan. Aerator merupakan alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan nilai oksigen dalam permukaan air sehingga lebih banyak oksigen yang masuk dalam air. Splash aerator atau dikategorikan sebagai Surface Aerator selama dekade terakhir dipertimbangkan mampu secara efektif dalam proses difusi oksigen di antara alat aerator lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil koefien laju perpindahan massa oksigen ke dalam air (K) dari performansi splash aerator dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis dimensi. Pelaksanaan penelitian dibagi dua tahap yaitu analisis teoritis dan eksperimental. Pada penelitian ini variabel yang digunakan adalah kecepatan sudut putar sudu ( 969 ) 20 960 rad/ detik 27 960 rad/ detik 33 960 rad/ detik diameter permukaan bilah sudu (d) 0 6 m 0 7 m 08 m dan kedalaman aerator terhadap permukaan air (H) 0 02 m 0 04 m 0 06 m waktu yang dibutuhkan selama 6 menit dengan perhitungan setiap 2 menit sekali dan dengan kedalaman air 0 75 m untuk menghasilkan volume 3m3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143586

Actions (login required)

View Item View Item