Pengaruh pembelajaran microteaching dan interaksi teman sebaya terhadap self-efficacy mahasiswa S1 PTM UM dalam mengikuti program KPL / Irfan Nur Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran microteaching dan interaksi teman sebaya terhadap self-efficacy mahasiswa S1 PTM UM dalam mengikuti program KPL / Irfan Nur Hakim

Hakim, Irfan Nur (2020) Pengaruh pembelajaran microteaching dan interaksi teman sebaya terhadap self-efficacy mahasiswa S1 PTM UM dalam mengikuti program KPL / Irfan Nur Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran microteaching merupakan suatu program mata kuliah pendidikan yang dilakukan oleh mahasiswa calon guru yang mempelajari tentang praktik bagaiamana cara mengajar secara baik dan benar dan mencetak mahasiswa sebagai calon guru yang profesional. Pada kampus Universitas Negeri Malang untuk menunjang pembentukan calon guru yang profesional selain pembelajaran microteaching juga da program pembelajaran mengajar secara riil dikelas yaitu program kajian praktek lapangan (KPL). Dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan KPL mahasiswa harus mempunyai suatu dukungan dari dalam diri maupun dari luar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa pengaruh pembelajaran microteaching dan interaksi teman sebaya terhadap keyakinan diri (self-efficacy) pada mahasisw PTM FT UM dalam mengikuti program KPL. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian yang digunakan adalah mahasiswa prodi PTM angkatan 2015. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data yaitu berupa kuesioner. Hasil penelitian 1). Pembelajaran microteaching (X1) memberikan pengaruh signifikan secara partial terhadap self-efficacy. Nilai koefisien regresi sebesar 0 331. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0 005 0 05) dan nilai t hitung t tabel (2 923 1 672). 2). Interaksi teman sebaya (X2) memberikan pengaruh yang signifikan secara partial terhadap self-efficacy. Nilai koefisien regresi sebesar 0 525. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0 000 0 05) dan nilai t hitung t tabel (5 693 1 672). 3). variabel pembelajaran microteaching (X1) dan interaksi teman sebaya (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap self-efficacy (Y). Hasil analisis pad uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0 000 0 05) dan nilai t hitung t tabel (42 631 3 16).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143585

Actions (login required)

View Item View Item