Supriyadi, Rizki Febrianto (2015) Perancangan iklan layanan masyarakat tentang ajakan donor darah / Rizki Febrianto Supriyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Supriyadi Rizki Febrianto. 2015. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Ajakan Donor Darah. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Pujiyanto M.Sn. (2) Mitra Istiar Wardhana S.Kom M.T. Kata Kunci Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Media Promosi. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi penduduk padat dan termasuk dalam tiga besar di dunia. Jumlah penduduk yang padat ini tentubanyak ditemukan permasalahan antara lain kecelakaan dan bencana alam. Setiap tahun kehidupan manusia di bumi banyak terselamatkan oleh kegiatan transfusi darah. Untuk mendapatkan hasil darah yang optimal maka harus ada penyediaan stok darah yang cukup sehingga dapat menunjang pemulihan kesehatan bagi penderita kekurangan darah. Palang Merah Indonesia (PMI) sering kali mendapatkan kendala yang antara lain kekurangan persediaan darah karena permintaan darah lebih besar dibandingkan dengan persediaan darah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya sukarelawan pendonor darah. Berdasarkan hal tersebut solusi alternatif yang dapat dilakukan adalah mengkonsep dan merancang media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah berupa iklan layanan masyarakat. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk membuat konsep dan rancangan sebuah iklan layanan masyarakat yang persuasif dan menarik bagi target khalayak.Diharapkan dengan adanya iklan ini masyarakat lebih sadar dan bersedia melakukan kegiatan donor darah. Metode perancangan ini diawali dengan mempelajari latar belakang masalah dan fakta-fakta tentang donor darah di Indonesia. Latar belakang tersebut dapat diketahui hal apa saja yang diharapkan untuk dibandingkan dengan kenyataan yang ada. Selanjutnya dari permasalahan-permasalahan yang ada dapat dirumuskan tujuan dari perancangan. Tahap berikutnya adalah pengumpulan baik data pustaka dan data lapangan yang akan dianalisis dan disintesis sehingga menghasilkan perancanganmedia iklan layanan masyarakat berdasarkan model perancangan pengembangan. Hasil perancangan iklan ini terdiri dari media utama yaitu iklan animasi pendek berbasis pemodelan tiga dimensi dan motion graphic dan media komunikasipendukungnya terdiri dari sign board stand banner poster booklet paper toys mobil pmi dan pamflet. Media tersebut diharapkan dapat meningkatkan inovasi kegiatan promosi PMI agar lebih banyak masyarakat yang tersadarkan dan melakukan akan pentingnya donor darah. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |