Pengembangan media pembelajaran berbasis video scribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Yoga Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis video scribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Yoga Pratama

Pratama, Yoga (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis video scribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Yoga Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting pada proses pendidikan di Indonesia saat ini. Berbagai cara sudah diterapkan agar bisa meningkatkan taraf berpikir siswa dalam pendidikan dimulai dari pemilihan media pembelajaran sampai dengan pemilihan model pembelajaran. Faktor usia guuru yang mayoritasnya sudah berumur lanjut juga bisa berpengaruh terhadap pembelejaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe (2) Mengetahui Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe (3) Mengetahui Efektifitas Produk melalui uji beda hasil belajar siswa Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi pada langkah-langkah penelitian Borg and Gall. Model penelitian dan pengembangan ini terdiri dari sepuluh langkah meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba produk (5) revisi produk (6) uji coba lapangan (7) revisi produk (8) uji lapangan (9) revisi produk akhir (10) diseminasi dan implementasi. Validasi oleh ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan E-module. Sedangkan uji coba lapangan dilakukan untuk mengetahui tanggapan pengguna. Selain itu dilakukan pula uji lapangan untuk mengetahui keefektifan E-module dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh terdiri atas data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian angket oleh validator pengguna dan nilai post test. Data kualitatif diperoleh dari saran yang diberikan oleh para validator serta uji coba lapangan oleh siswa. Hasil pengembangan berupa media video pembelajaran yang berformat CD (Compact Disk) dan buku petunjuk penggunaan. Hasil validasi Media memperoleh nilai 94 80% dari ahli media dan 98 21% dari ahli materi. Hasil tanggapan pengguna memperoleh nilai 88 81% yang menunjukkan bahwa Media Pembelajaran berbasis Video Scribe pada materi surat menyurat pribadi sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Setelah pembelajaran hasil post test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai rata-rata kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa Media Pembelajaran berbasis Video Scribe pada materi surat menyurat pribadi mampu meningkatkan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan Media Pembelajaran berbasis Video Scribe pada materi surat menyurat pribadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143568

Actions (login required)

View Item View Item