Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis adroid untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan kelas XII OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Kornelia Agata Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis adroid untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan kelas XII OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Kornelia Agata Sari

Sari, Kornelia Agata (2020) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis adroid untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan kelas XII OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Kornelia Agata Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Kornelia Agata. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Kelas XII OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Madziatul Churiyah S.P. M.M Kata Kunci Penelitian dan Pengembangan Media Pembelajaran Android Android Studio Kemandirian Belajar Hasil Belajar Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan. Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning merupakan salah satu solusi inovasi dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diberlakukan pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis M-Learning pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan kelas XII di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung (2) Mengetahui kelayakan pada media pembelajaran M-Learning pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan melalui validasi dari ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan dan yang menggunakan media pembelajaran berbasis M-Learning pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan kelas XII SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan reserch and development yang telah dimodifikasi menjadi 8 tahapan menyesuaikan kebutuhan yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Desain (8) Uji Coba Pemakaian. Jenis data pada penelitian dan pengembangan ini berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan deskriptif presentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah media pembelajaran berbasis android studio yang bernama Si-Maspro yang mengemas materi pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan kelas XII OTKP pada KD 3.11 sampai KD 3.16. Hasil validasi ahli materi ahli media dan 6 peserta didik sebagai uji coba kelompok kecil adalah memperileh rata-rata sebesar 93% dengan kategori ldquo sangat valid rdquo sehingga layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan. Tedapat perbedaan dalam kemandirian belajar peserta didik dibuktikan dengan perolehan skor kelas kontrol sebesar 85% dan kelas eksperimen memperoleh 88%. Selain itu ada pula perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol sebesar 87% dan kelas eksperimen sebesar 98%. Berdasarkan hasil tersbeut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan dan yang menggunakan media pembelajaran Si-Maspro. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya yaitu dapat mengembangkan media pembelajaran pada materi semester genap di mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan kelas XII OTKP yang dapat juga diakses oleh sistem operasi lain seperti iOS. Selain itu untuk lebih mempermudahkan penggunanya sebaiknya peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran yang semua fiturnya dapat dijalankan didalam satu aplikasi tanpa bantuan google formulir atau software lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143560

Actions (login required)

View Item View Item