pengembangan e-modul berbasis kvisoft flipboook mare pro untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kepegawaian (studi pada peserta didik kelas xii otomatisasi dan tata kelola perkantoran di smkn 1 lamongan) / faris wildan al mubarok - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan e-modul berbasis kvisoft flipboook mare pro untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kepegawaian (studi pada peserta didik kelas xii otomatisasi dan tata kelola perkantoran di smkn 1 lamongan) / faris wildan al mubarok

Faris Wildan Al Mubarok (2021) pengembangan e-modul berbasis kvisoft flipboook mare pro untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kepegawaian (studi pada peserta didik kelas xii otomatisasi dan tata kelola perkantoran di smkn 1 lamongan) / faris wildan al mubarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Al-Mubaroq Faris Wildan. 2021. Pengembangan E-Modul berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kepegawaian (Studi pada peserta didik kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN 1 Lamongan). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M Kata Kunci Penelitian dan Pengembangan E-Modul Kvisoft Flipboook Mare Pro Kemandirian Hasil Belajar Perkembangan teknologi berkembang begitu cepat. Teknologi saat ini dimanfaatkan oleh pihak sekolah seperti guru dan peserta didik sebagai sarana penunjang media pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan adanya pengembangan lebih lanjut pada media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Salah satu masalahnya adalah kurangnya bahan ajar untuk digunakan saat pembelajaran daring dimana bahan ajar selama ini berada di sekolah dan waktu kegiatan pembelajaran yang di persingkat sehingga kurangnya bahan ajar terebut membuat peserta didik mengalami penurunan intensitas belajarnya dan dari waktu penyampaian materi yang diberikan pada peseta didik jauh lebih sedikit inilah membuat peserta didik masih akan lebih banyak untuk belajar sendiri. Sehingga dalam masalah tersebut ditemukan permasalahan bahwa kemandirian belajar siswa sangat kurang dan ini dibuktikan pada hasil ulangan atau evalusi belajar memiliki nilai yang kurang dari KKM lebih dari setengah kelas baik pada kelas X OTKP 1 2 dan 3 pada mata pelajaran Kepegawaian. Oleh karna itu proses pembelajaran jarak jauh dengan kondisi pandemi saat ini sangat di butuhkan bahan ajar seperti e-modul untuk menunjang proses belajar peserta didik. E-modul juga diharapkan mampu meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan E-Modul berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (2) Mengetahui kelayakan produk E-Modul berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro dengan peserta didik yang tidak menggunakan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro pada peserta didik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg amp Gall dengan modifikasi. Terdapat beberapa tahapan dalam model pengembangan Borg amp Gall ini yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi Produk (8) Uji coba pemakaian. Subjek uji coba terdiri dari 6 siswa SMK Negeri 1 Lamongan kelas XII OTKP sebagai uji kelompok kecil kemudian Uji kelompok besar yang mana siswa kelas Kontrol adalah siswa Kelas XII OTKP 1 yang berjumlah 36 siswa dan kelas Eksperimen adalah siswa Kelas XII OTKP 2 yang berjumlah 34 siswa yang sedang menempuh mata pelajaran Kepegawaian. Produk juga divalidasi ahli materi dan ahli media. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik analisis kuantitatif didapatkan dari hasil instrumen validasi ahli media validasi ahli materi instrumen penilaian peserta didik terhadap E-Modul Berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro instrumen kemandirian belajar serta hasil belajar peserta didik ranah kognitif yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah E-Modul Berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro bernama ldquo MILEA rdquo yang mengemas materi KD 3.19 Menerapkan penyimpanan dokumen kepegawaian dan KD 3.20 Mengevaluasi Pengolahan administrasi kepegawaian yang dikemas secara menarik dengan bantuan aplikasi Kvisoft Flipboook Mare Pro dan dapat digunakan pada smartphone android secara offline sehingga peserta didik bisa mengakses aplikasi kapanpun dan dimanapun. Selain itu E-Modul Berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro bernama ldquo MILEA rdquo ini didesain secara menarik dengan isi yang lengkap berupa pemaparan materi Video Pembelajaran yang bisa di lihat tanpa membutuhkan kuota internet kuis dan juga firur-fitur yang mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring. Hasil validasi ahli materi ahli media dan 6 siswa uji coba kelompok kecil adalah lsquo Sangat Valid rsquo sehingga disimpulkan bahwa lsquo MILEA rsquo layak digunakan dalam pembelajaran Kepegawaian Kelas XII OTKP. Sedangkan hasil perbedaan kemandirian yang di dasarkan pada nilai persentase angket kemandirian belajar menunjukan bahwa kemandirian kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan MILEA dan yang tidak Menggunakan MILEA. Selain dapat meningkatkan kemandirian peserta didik MILEA juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil perhitungan rata-rata posttest menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari peserta didik kelas kontrol yang artinya terdapat perbedaan melalui penggunaan adalah E-Modul Berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro bernama ldquo MILEA rdquo dan diperoleh hasil belajar yang lebih baik dari pada yang tidak menggunakan adalah E-Modul Berbasis Kvisoft Flipboook Mare Pro bernama ldquo MILEA rdquo . Berdasarkan paparan diatas maka dapat disimpulkan bahawa E-Modul yang di kembangkan peneliti mampu meningkatkan kemandirian dan hasil bekajar peserta didik. Adapun Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada sistem operasi lainnya seperti iOS dan menyajikan materi mata pelajaran lainnya dengan kecepatan loading aplikasi yang lebih baik serta ukuran file yang lebih kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143556

Actions (login required)

View Item View Item