Hanaroh, Sunti Hanaroh (2021) pengembangan e-module interaktif berbasis android menggunakan aplikasi sigil untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi di smk terpadu al-ishlahiyah singosari / sunti hanaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan bagi setiap manusia karena dengan adanya pendidikan seseorang dapat memperoleh pengetahuan pengalaman dan keterampilan serta mewujudkan proses pembelajaran secara aktif dan dapat mengembangkan potensi dalam diri peserta didik. Salah satu permasalahan yang ada disekolah yaitu kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh guru. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-module interaktif berbasis android menggunakan aplikasi sigil untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa mengetahui kelayakan produk e-module interaktif berbasis android melalui validasi ahli materi dan ahli e-module dan mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa yang menggunakan e-module interaktif berbasis android dan yang tidak menggunakan e-module interaktif. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) Model Brog and Gall Menurut Sugiyono dengan sepuluh tahapan yang telah dimodifikasi oleh peneliti menjadi delapan tahapan yang terdiri dari (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian. Subjek uji coba dilakukan pada siswa SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari Kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan e-module interaktif dan Kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan e-module interaktif pada mata pelajaran Korespondensi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil validasi pakar kemandirian belajar siswa. Sedangkan data kualitatif digunakan untuk menganalisis komentar serta saran dari validator dan siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah e-module interaktif yang dibuat dengan software Sigil serta menggunakan materi KD 3.7 Menganalisis Surat Dinas dan 4.7 Membuat Surat Dinas dan di validasi ahli e-module serta ahli materi dan 6 siswa uji coba kelompok kecil dari kelas X OTKP 2 dan kemandirian belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yang mendapatkan hasil lsquo Sangat Valid lsquo sehingga disimpulkan bahwa lsquo e-module Interaktif rsquo layak digunakan dalam pembelajaran Korespondensi Kelas X OTKP. Berdasarkan penelitian ini Produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan menghasilkan E-Module Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Sigil dengan spesifikasi E-Module Interaktif semester genap (II) ini memuat pembelajaran tentang Korespondensi serta saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan e-module interaktif dengan diberi audio games serta bisa dimasukkan di Ios.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |