pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas xii progam keahhlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di smk pgri turen kabupaten malang) / khoirotul amanah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas xii progam keahhlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di smk pgri turen kabupaten malang) / khoirotul amanah

Amanah, Khoirotul Amanah (2021) pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas xii progam keahhlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di smk pgri turen kabupaten malang) / khoirotul amanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era globalisasi merupakan era dimana perkembangan dan kemajuan jaman secara menyeluruh menghasilkan kemajuan teknologi yang semakin maju. Secara tidak langsung perkembangan teknologi memang sangat berpengaruh terhadap berbagai bidang termasuk salah satunya dalam bidang pendidikan. Teknologi dapat dimanfaatkan dalam untuk membuat dan menerapkan media dalam konteks pembelajaran. Media diperlukan sebagai penyampai konsep dengan tujuan efisiensi dan efektifitas dalam penyampaian serta pemahaman konsep bagi guru dan peserta didik. Lectora Inspire merupakan software yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif menunjang pemahaman peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire yang layak dan efektif digunakan untuk peserta didik (2) Mengetahui kelayakan pada media pembelajaran berbasis Lectora Inspire melalui ahli media dan ahli materi (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran bebrbasis Lectora Inspire. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan R amp D mengambil teori dari Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba Produk (7) revisi produk (8) Uji coba pemakaian. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII OTKP SMK PGRI Turen. Jenis data yang digunakan ialah data kuantitatif dan kualitatatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana dengan KD 3.14 Menerapkan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana yang disimpan dalam format .exe didalam Compact Disk (CD). Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 94.4% dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 92 5%. Dari hasil validasi oleh kedua validator tersebut menyatakan media pembelajaran berbasis lectora inspire valid efektif dan dapat dipergunakan tanpa revisi Hasil belajar peserta didik pada uji coba lapangan pada kelas XII OTKP dengan rata-rata nilai post test mendapatkan nilai 87.80 lebih tinggi dari pada rata-rata nilai pre test 78.95. Jadi penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Beberapa hal untuk memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire adalah a) mempersiapkan dengan baik dan memahami materi untuk kelancaran dalam proses pembelajaran b) harus mengerti beberapa urutan animasi di dalam media supaya tidak sampai salah dalam penyampaian c) lebih peka terhadap permasalahan yang terdapat dalam kelas dan berusaha untuk mencari solusi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. emsp

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143548

Actions (login required)

View Item View Item