pengembangan media pembelajaran berbasis android studio pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar dan self regulated learning peserta didik. (studi pada peserta didik kelas x otkp smk negeri 1 turen kabupaten malang). / livia dinda rochmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran berbasis android studio pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar dan self regulated learning peserta didik. (studi pada peserta didik kelas x otkp smk negeri 1 turen kabupaten malang). / livia dinda rochmawati

Rochmawati, Livia Dinda Rochmawati (2021) pengembangan media pembelajaran berbasis android studio pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar dan self regulated learning peserta didik. (studi pada peserta didik kelas x otkp smk negeri 1 turen kabupaten malang). / livia dinda rochmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membantu keterbatasan pendidik dalam menyampaikan informasi maupun keterbatasan jam belajar yang ada. Terutama pada era pandemi Covid-19 pembelajaran di Indonesia dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring dan menggunakan media pembelajaran berbantuan teknologi. Maka dari itu dimasa pandemi covid19 ini dunia pendidikan harus menggunakan pembelajaran yang inovatif agar dapat memudahkan proses pembelajaran jarak jauh salah satunya di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Hal ini berguna untuk mempermudah proses pembelajaran jarak jauh dikarenakan teknologi pada saat ini sudah berkembang dengan pesat. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan android studio pada mata pelajaran korespondensi. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran android studio pada mata pelajaran korespondensi melalui validasi ahli materi dan ahli media. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi dengan menggunakan media dan tidak menggunakan media. (4) Mengetahui perbedaan self regulated learning peserta didik pada mata pelajaran korespondensi dengan menggunakan media dan tidak menggunakan media. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian R amp D dengan mengambil teori dari Borg amp Gall yang telah dimodifikasi menjadi 9 langkah penelitian dan pengembangan yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk. Teknik analisis yang digunakan untuk melihat perbedaan dari hasil belajar dan self-regulated learning peserta didik menggunakan uji independent sample t-test. Hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis android studio ini bernama Kordensi pada mata pelajaran korespondensi untuk kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Media pembelajaran ini mengemas 2 materi pembelajaran yakni KD 3.8 Surat Niaga dan KD 3.9 Surat Elektronik. Media pembelajaran ini mempunyai keunikan yaitu produk dikemas secara menarik yang dapat diakases melalui smartphone android secara offline untuk materi pembelajarannya sehingga media ini siap untuk digunakan kapanpun dan dimanapun selain itu di dalam media pembelajaran ini terdapat video pembelajaran yang menarik serta terdapat contoh surat pada setiap point dan materinya. Hasil dari validasi ahli materi ahli media dan uji coba kelompok kecil memperoleh hasil persentase sangat valid dan layak untuk digunakan. Hasil analisis belajar peserta didik melalui uji Independent T-Test menunjukkan perolehan sig. (2.-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 maka H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang memakai aplikasi dan tidak memakai aplikasi. Sedangkan hasil analisis self-regulated learning peserta didik menunjukkan adanya perbedaan yang dibuktikan dengan tingkat rata-rata kelas eksperimen sebesar 81% dan kelas kontrol sebesar 77%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Kodensi layak digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya yaitu dilakukannya pengembangan pada kompetensi dasar lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143547

Actions (login required)

View Item View Item