Pengembangan media pembelajaran berbasis inspring 9 menggunakan android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran humas dan keprotokolan pada kelas xi smkn 2 blitar / Yeni Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis inspring 9 menggunakan android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran humas dan keprotokolan pada kelas xi smkn 2 blitar / Yeni Purwati

Purwati, Yeni Purwati (0000) Pengembangan media pembelajaran berbasis inspring 9 menggunakan android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran humas dan keprotokolan pada kelas xi smkn 2 blitar / Yeni Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwati Yeni. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring 9 Menggunakan Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan Pada Kelas XI SMKN 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Yuli Agustina S.E M.M. Kata Kunci Penelitian dan Pengembangan Media Pembelajaran Ispring 9 Android Hasil Belajar Humas dan Keprotokolan. Pendidikan sangatlah penting untuk suatu bangsa sebagai dasar dari pembangunan bangsa tersebut seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi mendorong untuk melakukan pengembangan dan trobosan terutama dalam bidang Pendidikan. Pemberlakuan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia serta perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Selain itu perkembangan teknologi juga dapat dimanfaatkan oleh guru untuk melakukan pembelajaran pada abad 21 yaitu pebelajaran yang dirancang untuk mencetak peserta didik abad 21 yang dapat bekerja sama melakukan komunikasi yang baik berpikir kritis dan kreatif. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android sebagimana peserta didik sudah tidak asing lagi dengan penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaran humas dan keprotokolan berbasis iSpring 9 menggunakan dengan model android penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg amp Gall untuk siswa kelas XI SMKN 2 Blitar (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis iSpring 9 menggunakan android dengan mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMKN 2 Blitar. Melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring 9 menggunakan android pada Mata Pelajaran humas dan keprotokolan di SMK Negeri 2 Blitar. Jenis penelitian ini menggunakan reserch and development Sugiyono (2016) yang telah dimodifikasi dari 10 menjadi 9 tahapan menyesuaikan kebutuhan yaitu (1) Potensi Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk. (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner .Teknik analisis kuantitatif didapatkan dari hasil instrumen validasi ahli media validasi ahli materi instrumen penilaian peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis iSpring 9 menggunakan android dengan menngunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah media pembelajaran berbasis iSpring 9 menggunakan android yang bernama AyoMas yang mengemas materi pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan kelas XI OTKP pada KD 3.9 Menerapkan Pembuatan Profil Organisasi sampai KD 3.10 Menerapkan Perencanaan Program Kehumasan. Selain itu media pembelajaran AyoMas ini didesain secara menarik dengan kombinasi warna yang sesuai agar pengguna tidak mudah bosan saat mengoperasikannya. Hasil validasi ahli media ahli materi dan 6 peserta didik sebagai uji coba kelompok kecil adalah ldquo sangat valid rdquo sehingga layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan. Sedangkan untuk hasil perhitungan rata-rata posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan media pembelajaran AyoMas sebesar 85 dan kelas kontrol atau kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran AyoMas sebesar 79 yang artinya terdapat perbedaan melalui penggunaan media pembelajaran AyoMas dan diperoleh hasil belajar yang lebih baik dari pada yang tidak menggunakan media pembelajaran AyoMas. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya yaitu dapat mengembangkan media pembelajaran pada materi semester genap di mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan kelas XI OTKP yang dapat juga diakses oleh sistem operasi lain seperti iOS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143537

Actions (login required)

View Item View Item