pengembangan e-modul otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana berbasis sigil untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas xi otkp smk pgri turen kabupaten malang) / henik dini sukmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan e-modul otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana berbasis sigil untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas xi otkp smk pgri turen kabupaten malang) / henik dini sukmawati

Sukmawati, Henik Dini Sukmawati (2021) pengembangan e-modul otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana berbasis sigil untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas xi otkp smk pgri turen kabupaten malang) / henik dini sukmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sukmawati H. D. 2021. Pengembangan E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana Berbasis Sigil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Kelas XIOTKP SMK PGRI Turen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Penelitian dan Pengembangan E-Modul Sigil Hasil Belajar Pendidikan pada abad 21 tidak dapat lepas dari perkembangan teknologi yang kian hari semakin canggih. Tingginya tingkat pendidikan menandakan bahwa negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing di era globalisasi. Untuk meningkatkan angka pendidikan hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan tenaga pendidik yang mampu mengikuti perkembangan jaman. Tenaga pendidik dituntut untuk mengembangkan skill kreatif dan inovatif dalam melaksakan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut sangat dibutuhkan saatpandemicovid-19 saat iniyang mengharuskan seluruh kegiatan belajar dilakukan secara daring. Sehubungan dengan hal ini maka dibutuhkan adanya pengembangan pada media pembelajaran dengan melibatkan perkembangan teknologi. Penelitian dan penegmbanagan ini dilakukan dengan tujuan (1) Menghasilkan media pembelajaran berupaE-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana berbasis Sigil. (2) Mengetahui keefektifan E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana berbasis Sigil. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana berbasis Sigil. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) (Sugiyono 2017 298) yang terdiri dari 10 langkah. Penelitaian yang dilakukan peneliti hanya menggunakan 8 langkah saja sesuai dengan kebutuhan penelitian. Langkah tersebut meliputi (1) Potensi masalah. (2) Pengumpulan data. (3) Desain produk. (4) Validasi desain produk. (5) Revisi desain produk. (6) Uji coba produk. (7) Revisi produk. (8) Uji coba pemakaian. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI OTKP SMK PGRI Turen. Jenis data yang digunakan ialah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapat daperlehan skor pengisian angket oleh validator dan peserta didik.sebagai subjek uji coba produk yang dikembangkan yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar masukan dan saran dari validator dan peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana berbasis Sigil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. E-Modul ini khusus memuat Materi KD 3.6 Menerapkan Mesin Komunikasi Kantor dan 4.6 Menggunakan Mesin Komunikasi Kantor. Dalam E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana yang dikembangkan terdapat gambar serta video pembelajaransesuai dengan KD 3.6 dan KD 4.6 yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa jaringan internet yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik saat ini. Dalam E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana ini terdapat juga soal evaluasi sebanyak 20 soal dan 5 soal esay. Penelitian dan pengembangan produk ini dinyatakan sangat valid karena memiliki hasil analisis validasi ahli materi sebesar 91% ahli media sebesar 98% dan uji coba kelompok kecil sebesar 98%. Meningkatnya hasil belajar peserta didik dengan menggunakan E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana diukur dari segi kognitif yang diperaleh dari hasil pretest (didapat dari nilai guru ) dan posttest. Dari penggunaan E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana hasil nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 15% hal tersebut menandakan bahwa E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana berbasis Sigil yang dikembangkan efektif untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Adapun saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan E-modul pada sistem operasi lain seperti iOS pemaparan materi dapat ditambah lagi agar semakin legkap aspek penllaian tidak hanya di ranah konitif saja namun juga dari segi psikomotorik dan afektif serta peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan produk sejenis pada Kompetensi Dasar lain di mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143531

Actions (login required)

View Item View Item