pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi kelas x otkp di smk negeri 2 kediri / yasinta maratus sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi kelas x otkp di smk negeri 2 kediri / yasinta maratus sholihah

Sholihah, Yasinta Maratus Sholihah (2021) pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi kelas x otkp di smk negeri 2 kediri / yasinta maratus sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 (Coronavirus Disease-19) telah mempengaruhi sistem pendidikan di seluruh dunia yang mengarah ke penutupan sekolah universitas dan perguruan tinggi. Akibat dari pandemi Covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru demi memutus penyebaran Covid-19 yaitu mengimplementasikan ajakan masyarakat untuk melaksanakan Physical Distancing atau memberi jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan dan berbagai acara pertemuan yang menimbulkan perkumpulan. Hal ini juga berlaku pada peserta didik yang diharuskan belajar dari rumah secara daring. Pada kondisi seperti ini semua guru atau tenaga pendidik dituntut untuk mengganti pembelajaran menggunakan E-learning atau melalui media online. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Korespondensi untuk siswa kelas X OTKP SMK Negeri 2 Kediri Jawa Timur (2) Menguji kelayakan media pembelajaran berbasis android berdasarkan penilaian ahli materi ahli media dan respon peserta didik kelas X OTKP (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Korespondensi kelas X OTKP SMK Negeri 2 Kediri Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R amp D dengan mengambil teori dari Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 10 langkah yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain Produk 4) Validasi Ahli 5) Revisi Produk 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Final 10) Diseminasi. Subjek uji coba adalah peserta didik SMK Negeri 2 Kediri Kelas X OTKP 1 dan X OTKP 2 yang sedang menempuh mata pelajaran Korespondensi. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner yang diberikan validator dan peserta didik atas produk yang dikembangakan. Data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor kuesioner validator dan peserta didik sebagai subjek uji coba serta hasil belajar dari posttest peserta didik yang dihitung menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Korespondensi bernama Aplikasi Em-Learnig yang dibuat menggunakan Android Studio dengan materi KD 3.9 Pengelolaan Surat Elektronik dan KD 3.10 Mengevaluasi Kegiatan Korespondensi. Media pembelajaran dikembangkan dapat diakses secara offline dengan fitur zoom(in/out) untuk mengatur tingkat keterbacaan teks. Selain itu juga terdapat evaluasi berupa latihan soal beserta hasil pengerjaan dan pelaporan nilai pada guru. Hasil penilaian validasi ahli materi sebesar 95% dan penilaian validasi ahli media sebesar 100% hasil perhitungan keseluruhan validasi ahli diperoleh rata-rata sebesar 95 5% dengan kategori sangat valid sedangkan untuk uji coba produk pada kelompok kecil yaitu enam orang peserta didik diperoleh nilai sebesar 91 9% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis hasil belajar peserta didik berdasarkan n-gain 0 9 yang termasuk selisih peningkatan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Em-Learning layak digunakan sebagai media pembelajaran Korespondensi Kelas X OTKP. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah adanya pengembangan media pembelajaran pada materi lebih lengkap dan dapat digunakan secara penuh dalam satu semester atau sesuai dengan kompetensi dasar sesuai dengan silabus dan mengembangkan media pembelajaran pada sistem operasi lainya seperti iOS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143528

Actions (login required)

View Item View Item