Perancangan trading card game berbasis manga antromorfisme candi-candi di Kabupaten Malang untuk siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 B atu / Andreas Yudyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan trading card game berbasis manga antromorfisme candi-candi di Kabupaten Malang untuk siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 B atu / Andreas Yudyanto

Yudyanto, Andreas (2015) Perancangan trading card game berbasis manga antromorfisme candi-candi di Kabupaten Malang untuk siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 B atu / Andreas Yudyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yudyanto Andreas. 2015. Perancangan Trading Card Game Berbasis MangaAntromorfisme Candi di Kabupaten Malang untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batu Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pujiyanto M Sn (II) Mohamad Sigit S.Sn Kata Kunci Trading Card Game Antromorfisme Candi Manga Proses komunikasi mengenai pelestarian candi di Indonesia masih terus berlangsung khususnya dikalangan siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yaitu dalam pelajaran Sejarah. Banyaknya literatur yang harus dipelajari oleh siswa menimbulkan kebosanan dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini memicu kebutuhan akan media yang lebih interaktif. Trading Card Game merupakan sebuah media interaktif yang memacu gerak psikomotorik yang berimplikasi pada terciptanya perasaan cinta pada candi. Model perancangan menggunakan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif naratif yang menjelaskan langkah-langkah pemecahan masalah yang ada berdasarkan data empirik dan referensi. Langkah tersebut adalah menelaah masalah pengumpulan data analisis dan sintesis data perancangan konsep serta hasil akhir. Perancangan media ini menggunakan software Adobe Phtoshop CS3 dan SAI Easy Paint Tool Hasil dari perancangan ini adalah media utama berupa Trading Card Game dengan ilustrasi berbasis manga mengenai wujud manusia dari sebuah candi. Hal ini berimplikasi pada timbulnya minat dan kecintaan siswa terhadap candi. Media ini memberikan pesan informasi melalui permainan interaktif yang dilakukan oleh para siswa. Perancangan ini masih memerlukan adanya riset dan pengembangan lebih lanjut serta adanya proses validasi agar media Trading Card Game ini mampu menyampaikan pesan komunikasi mengenai candi kepada remaja khususnya Remaja SMA. Dengan perancangan ini diharapkan dapat menjadikan Trading Card Game sebagai sebuah media alternatif untuk pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item View Item