pengaruh self-efficacy, media pembelajaran daring dan fasilitas belajar terhadap partisipasi belajar pada mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada kelas x bisnis daring dan pemasaran smkn 1 boyolangu tulungagung) / elliyana fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh self-efficacy, media pembelajaran daring dan fasilitas belajar terhadap partisipasi belajar pada mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada kelas x bisnis daring dan pemasaran smkn 1 boyolangu tulungagung) / elliyana fatmawati

Fatmawati, Elliyana Fatmawati (2021) pengaruh self-efficacy, media pembelajaran daring dan fasilitas belajar terhadap partisipasi belajar pada mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada kelas x bisnis daring dan pemasaran smkn 1 boyolangu tulungagung) / elliyana fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi di Indonesia memberikan dampak yang besar dalam berbagai aspek kehidupan khususnya dalam bidang pendidikan. Keadaan tersebut menyebabkan aktivitas pembelajaran yang mulanya dilakukan secara konvesional beralih menjadi pembelajaran secara online. Dalam pembelajaran daring self-efficacy peserta didik menjadi salah satu faktor yang berkaitan dengan partisipasi belajar peserta didik. Selain itu fasilitas belajar juga memiliki peranan yang penting dalam menunjang proses pembelajaran. Media pembelajaran daring merupakan komponen sumber belajar yang mengandung materi instruksional untuk merangsang aktivitas belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam praktik pembelajaran daring terutama pada variabel self-efficacy media pembelajaran daring dan fasilitas belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi berjumlah 98 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampling propotional random sampling jumlah sampel yang diperoleh berdasarkan perhitungan tersebut berjumlah 79 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang diguanakan pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis analisis linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan IBM SPSS 24 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Self-efficacy terhadap partisipasi belajar memiliki nilai signifikan sig t (0 000) lt alpha 0.05 artinya Self Efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Partisipasi Belajar (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis Fasilitas Belajar terhadap Partisipasi Belajar memiliki nilai signifikan sig t (0 002) lt alpha 0.05 artinya pembelajaran daring memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Partisipasi Belajar. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis fasilitas belajar terhadap partisipasi belajar memiliki nilai signifikan sig t (0 015) lt alpha 0.05 artinya fasilitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Partisipasi Belajar. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran untuk memberikan media pembelajaran dan bahan ajar elektronik yang inovatif dan menarik agar peserta didik tertarik sehingga dapat meningkatkan partisipasi belajar peserta didik. Bagi peserta didik peneliti menyarankan agar mempertahankan dan meningkatkan mutu self-efficacy dengan tingkat percaya diri yang tinggi maka peserta didik dapat meningkatkan performa belajarnya dan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143513

Actions (login required)

View Item View Item