analisis penggunaan e-learning berbasis microsoft teams pada kegiatan pembelarajan mata pelajaran marketing pada masa pandemi covid-19 (studi pada siswa x bsinis daring dan pemasaran di smk negeri 1 turen / amelia risqi ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis penggunaan e-learning berbasis microsoft teams pada kegiatan pembelarajan mata pelajaran marketing pada masa pandemi covid-19 (studi pada siswa x bsinis daring dan pemasaran di smk negeri 1 turen / amelia risqi ramadhani

Ramadhani, Amelia Risqi Ramadhani (2021) analisis penggunaan e-learning berbasis microsoft teams pada kegiatan pembelarajan mata pelajaran marketing pada masa pandemi covid-19 (studi pada siswa x bsinis daring dan pemasaran di smk negeri 1 turen / amelia risqi ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 berpengaruh banyak terhadap berbagai aspek kehidupan bagi semua makhluk hidup dan alam semesta. Pemerintah dengan berbagai pertimbangan mengeluarkan kebijakan social distancing sebagai salah satu upaya untuk memutus dan meminimalisir penyebaran COVID-19. Pembelajaran jarak jauh atau daring untuk seluruh jenjang pendidikan adalah salah satu kebijakan yang juga dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. Banyak di daerah Jawa Timur yang sudah menerapkan metode e-learning dalam melakukan pembelajaran dan semakin ditingkatkan lagi penerapannya pada saat pandemi ini SMK Negeri 1 Turen sebagai salah satu sekolah yang sudah menerapkan penerapan e-learning dalam kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan kesiapan sekolah guru dan siswa dalam menjalani proses pembelajaran Marketing menggunakan e-Learning berbasis Microsoft Teams (2) mendiskripsikan bagaimana proses penerapan e-Learning berbasis Microsoft Teams pada pembelajaran mata pelajaran Marketing X BDP SMK Negeri 1 Turen (3) menjelaskan kendala dan hambatan yang dihadapi sekolah guru maupun siswa dalam penerapan e-Learning berbasis Microsoft Teams dan (4) menjelaskan tingkat efektivitas pembelajaran menggunakan e-Learning berbasis Microsoft Teams. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Turen. Prosedur pengumpulan data penelitian ini menggunakan pedoman wawancara observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrumen pertama. Data penelitian ini adalah pendapat-pendapat yang dihasilkan pada saat wawancara. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan voice recorder kamera pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah guru dan siswa memiliki tingkat kesiapan yang sedang untuk melakukan pembelajaran Marketing menggunakan metode e-learning berbasis Microsoft Teams. Proses penerapan e-learning berbasis Microsoft Teams berjalan sesuai dengan RPP yang terbaru yakni RPP One Page. Hambatan dan kendala saat penerapan metode e-learning berbasis Microsoft Teams ini adalah guru dan siswa kurang menguasi Microsoft Teams jaringan yang tidak stabil di beberapa daerah tempat tinggal siswa perangkat elektronik yang tidak kompatibel dan faktor ekonomi orangtua siswa. Berdasarkan kendala yang dialami pihak sekolah memberikan pendidikan dan pelatihan untuk guru Marketing mengenai penerapan e-learning berbasis Microsoft Teams pada pembelajaran Marketing dan memberikan fasilitas internet dan wifi serta peminjaman perangkat elektronik yang memadai untuk para siswa. Tingkat efektivitas penerapan e-learning berbasis Microsoft Teams pada pembelajaran Marketing mempunyai tingkat efektivitas sedang yang karena terdapat dua indikator yang tidak tercapai yakni komunikasi yang efektif dan sikap positif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143510

Actions (login required)

View Item View Item