Pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan keterlibatan orangtua terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang / Cece Setiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan keterlibatan orangtua terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang / Cece Setiani

Setiani, Cece (2020) Pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan keterlibatan orangtua terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang / Cece Setiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setiani Cece. 2020. Pengaruh Minat Belajar Motivasi Belajar dan Keterlibatan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S. Si. M.M. Kata Kunci Minat Belajar Motivasi Belajar Keterlibatan Orang Tua Hasil belajar merupakan prestasi yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar sesuai dengan program pendidikan yang ditetapkan. Peserta didik akan merasa bangga dan senang apabila hasil belajar yang diraihnya baik hal ini dikarenakan oleh terdapatnya minat belajar motivasi belajar dan keterlibatan orangtua. Siswa berminat terhadap suatu pembelajaran maka akan berusaha untuk belajar lebih keras apabila siswa kurang berminat terhadap pembelajaran maka siswa akan kurang dalam belajar karena tidak menarik baginya. Motivasi dapat dikatakan sebagai daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar dapat tercapai. Arahan dari orang tua tentang pentingnya belajar dan disertai bimbingan dari orang tua terhadap anak akan dapat menimbulkan semangat belajar yang tinggi pada anak sehingga anak akan mudah dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi Minat Belajar Motivasi Belajar dan Keterlibatan Orang Tua (2) Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar (3) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar (4) Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis menggunakan analisis jalur Regresi Linier Berganda. Populasi pada penelitian ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan pengambilan sampel sebanyak 105 siswa. Penelitian ini menggunakan hipotesis Uji t. Minat belajar akan sangat membantu siswa untuk melakukan suatu kegiatan yang positif dan dapat mencapai hasil belajar yang akan dicapai dengan baik. Apabila ia memiliki motivasi belajar yang tinggi maka motivasi berperan dalam memberikan penguat bagi siswa untuk belajar menentukan tujuan belajar siswa menentukan kendali terhadap rangsangan belajar dan menentukan ketekunan belajar. Keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar siswa adalah faktor dari siswanya sendiri. Orang tua sudah terlibat dalam belajar siswa atau untuk pencapaian hasil belajar yang baik dan orang tua sudah memenuhi fasilitas siswa dalam belajar tetapi siswa tidak menjamin memanfaatkan fasilitas yang sudah di berikan orang tua. Saran untuk peneliti selanjutnya hendaknya mampu memperluas variabel sebuah penelitian yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi pihak-pihak terkait untuk merumuskan cara membentuk hasil belajar siswa lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143499

Actions (login required)

View Item View Item