Adi, Fredy Purnama (2020) Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan program studi bisnis manajemen /Fredy Purnama Adi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fredy A. 2020. Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Program Studi Bisnis Manajemen (SMK Negeri 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M M. (II) Drs.H.Mohammad Hari M.Si. Kata kunci Fasilitas Belajar Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia merupakan salah satu perwujudan dari tujuan nasional yang tercantum dalam alinea IV pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Penentu keberhasilan proses belajar banyak melibatkan beberapa faktor atau komponen yang mendukung. Salah satunya adalah fasilitas belajar dan lingkungan belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Kelompok Bisnis Manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah (X1) Fasilitas Belajar dan (X2) Lingkungan Belajar dengan variabel terikatnya adalah Hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kelompok bisnis manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro yang berjumlah 249 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 153 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) fasilitas belajar lingkungan belajar dan hasil belajar siswa kelas X Kelompok Bisnis Manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro tahun ajaran 2014/2015 adalah baik 2) Terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Prakarya dan kwirausahaan kelas X kelompok bisnis manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kwirausahaan kelas X kelompok bisnis manajemen SMK Negeri 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1) Bagi siswa diharapkan siswa dapat menggunakan fasilitas yang sudah diberikan orang tua ataupun pihak sekolah dengan baik. tidak menyalah gunakan fasilitas yang sudah diberikan seperti Internet tidak digunakan untuk mengakses pelajaran tapi malah digunakan untuk facebook twitter dan membuka akses internet yang tidak penting 2) Bagi SMK Negeri 1 Bojonegoro sudah memberikan fasilitas belajar yang baik adapun yang harus ditingktkan adalah pemanfaatan fasilitas yang ada tersebut seperti pemanfaatan laboratorium yang kurang maksimal penggunaan alat-alat laboratoriumnya kelengkapan buku-buku yang ada di perpustakaan 3) Bagi Orang tua hendaknya memberikan fasilitas yang lebih penting dan memadai bagi siswa seperti buku penunjang yang dibutuhkan siswa untuk bahan baca dirumah 4) Bagi Guru SMK Negeri 1 Bojonegoro karena guru adalah orang tua siswa yang berada di lingkungan sekolah seharusnya guru lebih dekat dan berbaur dengan siswa supaya mengetahui masalah-masalah apa saja yang sering dialami oleh para siswa dan sekaligus dapat memberikan jalan keluarnya. Dalam hal memanfaatkan sumber belajar khususnya perpustakaan yang masih jarang digunakan oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143494 |
Actions (login required)
View Item |