Hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 2 Malang / Alfia Nur Anisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 2 Malang / Alfia Nur Anisa

Anisa, Alfia Nur (2020) Hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dengan literasi lingkungan siswa di SMAN 2 Malang / Alfia Nur Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan desain penelitian survei dengan rancangan korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan pemecahan masalah dengan literasi lingkungan di SMAN 2 Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 163 siswa yang terdiri dari kelas XI jurusan IPA dan IPS. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar tes literasi lingkungan dan tes keterampilan pemecahan masalah menggunakan google form sesuai jadwal pembelajaran yang telah ditentukan.Tes keterampilan pemecahan masalah yang berupa soal uraian terbuka diambil dari indikator Greenstein sedangkan ts literasi lingkungan ini diadaptasi dari Middle School Environmental Literacy Survey/Instrument (MSELS). Hasil analisis yang diperoleh yakni keterampilan pemecahan masalah berdasarkan jurusan IPA dan IPS diketahui jurusan IPA lebih baik dari jurusan IPS sedangkan berdasarkan indikatornya pada indikator identifikasi masalah cenderung lebih baik daripada indikator identifikasi beberapa alternatif solusi da memprtahankan solusi baik pada jurusan IPA maupun IPS. Rata-rata nilai keterampilan pemecahan masalah yang diperoleh siswa jurusan IPA yaitu 58 51 sedangkan siswa jurusan IPS 51 59 termasuk kategori sedang. Adapun rata-rata nilai keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI SMAN 2 Malang yaitu 55.05 sehingga termasuk kategori sedang. Literasi lingkungan siswa berdasarkan jurusan IPA dan IPS diketahui bahwa jurusan IPA cenderung lebih baik daripada jurusan IPS sedangkan berdasarkan aspek dalam literasi lingkungan bahwa aspek pengetahuan ekologi sikap terhadap lingkungan perilaku pro-lingkungan lebih tinggi dibanding aspek keterampilan kognitif. Rata-rata nilai siswa kelas XI IPA dan IPS pada aspek pengetauan ekologi sebesar 70 40 (kategori tinggi) aspek keterampilan kognitif sebesar 48 90 (kategori sedang) aspek sikap terhadap lingkungan sebesar 75 61 (kategori tinggi) dan aspek perilaku pro-lingkungan sebesar 75 50 (kategori tinggi). Adapun rata-rata nilai literasi lingkungan siswa kelas XI SMAN 2 Malang yaitu 256 50 sehingga termasuk kategori sedang. Berdasarkan pola hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dengan literasi lingkungan dilihat dari sumbangan efektif bahwa literasi lingkungan mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah siswa dengan signifikansi yakni 0 00 gt 0 05 dan koefisien korelasi 0 40 gt 0 05 termasuk dalam kategori korelasi sedang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan adanya literasi lingkungan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa sehingga sebaiknya pembelajaran di sekolah selalu diintegrasikan dengan literasi lingkungan. Literasi lingkungan dapat diterapkan di sekolah melalui berbagai program pendidikan lingkungan. Wujud kegiatan pendidikan lingkungan dapat diintegrasikan dalam program Adiwiyata. SMAN 2 Malang sebagai salah satu sekolah Adiwiyata Mandiri dengan berbagai upaya yang dilakukan dalam menanamkan pendidikan lingkungan siswa diantaranya melalui program Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) SMANDA Darling integrasi pendidikan lingkungan pada semua mata pelajaran. Upaya ini dapat menjadi masukan bagi sekolah lain untuk menerapkan pendidikan lingkungan pada proses pembelajaran di sekolah sekaligus dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Latar belakang sekolah sebagai sekolah Adiwiyata dapat menjadi salah satu faktor yang mampu mengembangkan literasi lingkungan dan keterampilan pemecahan masalah pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143492

Actions (login required)

View Item View Item