Wati, Bela Mulia Wati (2021) pengembangan perangkat pembelajaran berbasis stem dengan model pbl pada materi bakteri untuk melatih keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas x sman 6 malang / bela mulia wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penerapan kurikulum 2013 diharapkan dapat menyiapkan kompetensi siswa yang relevan dengan kecakapan abad XXI seperti keterampilan berpikir kritis (critical thinking) keterampilan berpikir kreatif (creativity) keterampilan berkomunikasi (communication) dan kerja sama tim (collaboration) (Murti 2013). Tingkat kompleksitas masalah dan tantangan hidup global yang semakin tinggi mendorong pendidikan abad XXI dapat mengasah keterampilan intelektual khususnya keterampilan tingkat tinggi yang mencakup keterampilan berpikir kritis dan kreatif (Hasan et al. 2019). Keterampilan abad XXI dapat semakin dilatih dengan adanya pendekatan STEM. Kurikulum 2013 juga memiliki semangat untuk mendukung para guru dan sekolah dalam mengeksplorasi dan menerapkan STEM sebagai pendekatan pembelajaran guna meningkatkan kompetensi siswa. STEM adalah pendekatan yang mengintegrasikan antara bidang sains (Science) teknologi (Technology) teknik (Engineering) dan matematika (Mathematics). STEM diharapkan menjadi kunci dan jalan bagi pembangunan negara pengembangan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan abad XXI dan kemampuan bersaing secara global. Salah satu model yang berbasis pada masalah kontekstual yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). PBL mempersiapkan siswa untuk berpikir kritis analitis serta menemukan melalui berbagai sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas silabus RPP dan LKS berbasi STEM dengan model PBL yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R amp D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Perangkat pembelajaran divalidasi oleh ahli perangkat pembelajaran ahli materi ahli asesmen dan praktisi pendidikan. Uji kepraktisan pada perangkat dilakukan oleh siswa kelas X SMAN 6 Malang melalui angket respon siswa terhadap LKS sebanyak 3 siswa pada uji perorangan 10 siswa pada uji kelompok kecil dan 30 siswa pada uji lapangan. Berdasarkan hasil validasi silabus oleh ahli perangkat pembelajaran menunjukan persentase sebesar 100% dan praktisi pendidikan sebesar 98 75%. Hasil validasi RPP oleh ahli perangkat pembelajaran menunjukkan persentase 99 25% ahli materi sebesar 100% dan praktisi pendidikan sebesar 100%. Hasil validasi LKS oleh ahli perangkat pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 100% ahli materi sebesar 100% dan praktisi pendidikan sebesar 95 46%. Hasil validasi instrumen tes oleh ahli asesmen menunjukkan persentase sebesar 99 67% dan praktisi pendidikan sebesar 99 49%. Hasil kepraktisan diperoleh melalui angket respon siswa terhadap LKS pada uji perorangan (one-to-one) kelompok kecil (small group) dan uji lapangan (field trial) menunjukkan persentase sebesar 89 85% 88 14% dan 89 08%. Presentase yang diperoleh menunjukkan kriteria sangat praktis. Kesimpulan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM dengan model PBL pada materi bakteri untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada siswa Kelas X SMAN 6 Malang ini adalah produk yang layak dan praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143489 |
Actions (login required)
View Item |