pengembangan perangkat pembelajaran berbasis group investigation (gi) berbantuan e-mind map untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa kelas x sma negeri 8 malang / purwaning rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan perangkat pembelajaran berbasis group investigation (gi) berbantuan e-mind map untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa kelas x sma negeri 8 malang / purwaning rohmah

Rohmah, Purwaning Rohmah (2021) pengembangan perangkat pembelajaran berbasis group investigation (gi) berbantuan e-mind map untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa kelas x sma negeri 8 malang / purwaning rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kehidupan pada abad 21 yang semakin maju menuntut masyarakat untuk memiliki keterampilan tertentu agar dapat bersaing dalam dunia karir dua diantaranya yaitu keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 8 Malang ditemukan bahwa keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa masih rendah perangkat pembelajaran guru juga kurang melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis group investigation (GI) berbantuan e-mind map yang valid dan praktis untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa kelas X di SMA Negeri 8 Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research amp Development). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji kevalidan produk menunjukkan kriteria yang sangat valid dengan rincian nilai kevalidan silabus RPP UKBM dan instrumen penilaian secara berturut-turut mendapatkan rata-rata nilai validitas sebesar 96 25% 92 8% 96 25% dan 91 58%. Hasil uji kepraktisan produk menunjukkan kriteria yang sangat praktis dengan rata-rata nilai kepraktisan sebesar 89 29%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143488

Actions (login required)

View Item View Item