pengembangan rancangan dan perangkat pembelajaran keanekaragaman tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan berpikir kritis siswa kelas x di sman 8 malang karya witia ardipeni / witia ardipeni - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan rancangan dan perangkat pembelajaran keanekaragaman tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan berpikir kritis siswa kelas x di sman 8 malang karya witia ardipeni / witia ardipeni

Ardipeni, Witia Ardipeni (2021) pengembangan rancangan dan perangkat pembelajaran keanekaragaman tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan berpikir kritis siswa kelas x di sman 8 malang karya witia ardipeni / witia ardipeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada abad ke-21 kemajuan teknologi berkembang pesat dalam berbagai sektor kehidupan termasuk dalam pendidikan. US-based Partnership for 21st Century Skills (P21) mengidentifikasi keterampilan yang dibutuhkan dalam abad ke-21 yaitu berpikir kritis berpikir kreatif komunikasi dan kolaborasi yang dikenal dengan istilah 4C. Dalam upaya untuk menghadapi tantangan abad ke-21 Pemerintah Indonesia membuat Kurikulum 2013 atau K-13. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa SMA dalam mata pelajaran Biologi di K-13 adalah menerapkan proses kerja ilmiah. Salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran K-13 dan mengasah kerja ilmiah adalah inkuiri terbimbing. Akibat Pandemi Covid-19 kegiatan belajar harus dilakukan secara online. Untuk mendukung pembelajaran biologi secara online telah dilakukan penelitian dengan tujuan (1) Menghasilkan rancangan dan perangkat pembelajaran keanekaragaman tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing dengan bantuan podcast dan google classroom yang valid praktis dan efektif digunakan (2) Meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 8 Malang melalui implementasi rancangan dan perangkat. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian dan pengembangan adalah siswa kelas X MIA 4 SMAN 8 Malang. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari validator. Data kuantitatif berupa penilaian skor yang diperoleh dari angket validasi oleh validator angket keefektifan siswa dan skor n-gain hasil pretest-posttest. Hasil uji validasi produk yang dikembangkan menunjukkan rerata skor silabus sebesar 87 1% dengan kriteria valid RPP sebesar 91 2% dengan kriteria sangat valid LKS sebesar 79 7% dengan kriteria valid instrumen penilaian kerja ilmiah sebesar 82 4% dengan kriteria valid instrumen penilaian berpikir kritis sebesar 80 8% dengan kriteria valid dan podcast sebesar 79 3% dengan kriteria valid. Hasil uji keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 89% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respon siswa sebesar 82 3% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan keterampilan kerja ilmiah dan berpikir kritis berturut-turut sebesar 0 2 dan 0 06 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143486

Actions (login required)

View Item View Item